Dipimpin Mantan Politisi Demokrat, PKN Optimis Lolos DPR di 2024

Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), I Gede Pasek Suardika
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

VIVA Politik – Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) resmi mendaftar sebagai partai politik peserta Pemilu 2024 di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Selasa, 2 Agustus 2022. Meski baru pertama kali berlaga di pemilu, partai ini optimis untuk lolos di KPU RI hingga melewati ambang batas parlemen 4 persen. 

KPU-Jokowi Menang, PN Jakpus Putuskan Tak Ada Wewenang Adili Gugatan soal Gibran

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Gede Pasek Suardika, usai mendaftarkan partainya di KPU RI. 

"Kami di PKN itu membuat tiga etape, dari awal partai ini disiapkan kami langsung membuat struktur tiga etape. Pertama, adalah lolos Kemenkumham, kedua adalah lolos KPU RI, dan ketiga kami lolos di parlemen nasional dan daerah," ujar Pasek kepada wartawan, Selasa, 2 Agustus 2022.

Hasto Duga Pemanggilan Dirinya Sebagai 'Orderan'

Mantan politisi Partai Demokrat tersebut mengatakan, pihaknya baru melewati proses penting berupa pendaftaran peserta pemilu di KPU RI. Kata Pasek, seluruh data yang diserahkan partainya melalui sipol KPU sudah teramankan dan memenuhi syarat. Dengan begitu bisa dipakai untuk proses administrasi dan verifikasi kedepan.

Jika proses di KPU telah berhasil, maka langkah selanjutnya yang disiapkan Pasek dan jajarannya ialah mencanangkan etape ketiga. Yakni lolos ke DPR RI dan menempatkan kader partai di DPRD.

KPU Sumut Akan Rekrutmen 41.406 Petugas Pantarlih, Ini Jadwalnya

"Jadi kami selalu berpikir bertahap, tidak mau baru bikin partai besok langsung deklarasi capres A, capres B atau sekian persen kursi kan enggak rasional," jelas Pasek, yang juga sempat menjadi pimpinan Partai Hanura itu.

"Optimisme kami ya dengan membuat etape itu. Jadi orang dengan struktur yang baik, optimisme itu akan terbangun juga karena berangkat dari persiapan yang bagus kan. Kami tadi katakan lolos parlemen nasional, kalau targetnya itu ya artinya pasti terlewati," jelas pria yang pernah menjadi Ketua Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat itu.

Untuk diketahui, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) menjadi satu-satunya partai politik (parpol) yang mendaftarkan diri sebagai peserta pemilu pada hari kedua pendaftaran yang dibuka KPU RI.

"Informasi yang kami terima berdasarkan surat yang dikirimkan partai yaitu ada satu partai, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) akan mendaftar jam 2. Hari kedua ini hanya ada satu partai," ujar Ketua Divisi Bidang Teknis KPU, Idham Kholid kepada wartawan, Selasa, 2 Agustus 2022.

Sementara itu, pada hari pertama, Senin, 1 Agustus 2022, sebanyak 9 partai politik telah mendaftarkan diri sebagai peserta pemilu. 

Sembilan partai politik di antaranya PDIP, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKP), PKS, Partai Reformasi, Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), Perindo, Nasdem, PBB, dan Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai). Setelah pendaftaran dibuka, KPU langsung melakukan pengecekan dokumen dari tiap parpol.

Hasilnya, sebanyak enam parpol yakni PDIP, PKS, PKP, Perindo, Nasdem, dan PBB dinyatakan lengkap dokumen persyaratannya. Sementara untuk tiga partai lainnya masih dalam proses pelengkapan berkas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya