Politikus PDIP Jagokan Puan Maharani Capres 2024

Ketua DPR, Puan Maharani, saat meninjau aktivitas siswa di sekolah.
Sumber :
  • Dok. DPR.

VIVA Politik - Politikus senior PDIP, Effendi Simbolon, mengatakan bahwa dorongan dan desakan untuk Puan Maharani maju sebagai calon presiden 2024 semakin menguat. Sebab diyakininya Puan bisa menjawab kebutuhan identitas bangsa Indonesia dengan ideologi Pancasila yang saat ini menghadapi banyak cobaan.

Khawatir Ada Aksi saat Putusan Sengketa Pilpres, TKN Siapkan Satgas Khusus

Ketua DPR, Puan Maharani, saat meninjau aktivitas siswa di sekolah.

Photo :
  • Dok. DPR.

Perbaikan Bagi Rakyat

TKN Imbau Pendukung Prabowo-Gibran Tak Gelar Aksi Saat Sidang Putusan Sengketa Pilpres

“Bersama Mbak Puan, kami berharap perbaikan ke depan bagi rakyat Indonesia. Bukan hanya dalam bidang ekonomi dan kesejahteraan rakyat, juga tegaknya ideologi bangsa kita," kata Effendi dalam sebuah webinar bertajuk Mengukur Peluang Tiga Poros Utama Pilpres 2024, Rabu, 3 Agustus 2024.

Baca juga: Puan Minta Pengikut Citayam Fashion Week Tak Tinggalkan Sekolah

MK Kirim Surat ke Pihak Anies dan Ganjar untuk Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres 2024

Menurut Effendi, persoalan ideologi ini menjadi satu hal sangat penting karena banyak cobaan yang dihadapi, baik dari dalam maupun dari luar. Oleh karena itu, sosok Puan, klaim dia, semakin dibutuhkan sebagai calon presiden.

"Ideologi bangsa kita banyak pengaruh dari luar dari dalam, maka ini pasti menjadi kriteria untuk melihat siapa yang akan diusung sebagai calon di 2024," ujarnya.

Semakin Hari Semakin Baik

Dia secara pribadi menuturkan, kiprah Puan Maharani sebagai sosok figur kandidat capres semakin hari semakin baik. Perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR itu dianggapnya dapat memberikan warna alternatif bagi masyarakat dan memiliki kualifikasi membawa perbaikan bagi bangsa Indonesia ke depan.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP Puan Maharani menyampaikan pidato sambutan pada acara konsolidasi partai di Kota Cirebon, Jawa Barat, Senin, 4 Juli 2022.

Photo :
  • ANTARA/Khaerul Izan

Lulusan UI

Sebagai seorang yang cukup lama mengenal Puan, Effendi Simbolon mengaku sangat mengetahui sepak terjang putri dari Taufik Kiemas dan Megawati Soekarnoputri ini.

"Mbak Puan basisnya lulusan UI dan dari perjalanan keluarga yang baik. Jam terbang politik yang mumpuni, anggota DPR tiga periode, menteri koordinator PMK, dan sekarang ketua DPR sekaligus juga pimpinan di partai. Semua posisi itu dijalankan dengan sangat baik," katanya.

Cucu Bung Karno

Selain itu, ia mengingatkan bahwa Puan punya nilai lebih sebagai figur yang kental dengan darah kepemimpinan.

"Bobot bibit bebet Mbak Puan ya cucu Bung Karno, putrinya ibu Megawati dan pak Taufik Kiemas yang terkenal sebagai tokoh simpatik.

Oleh karena itu, Effendi mengaku optimistis nama Puan akan terus bergerak naik dengan elektabilitas yang kuat seiring waktu, dan saatnya nanti ditentukan calon presiden untuk 2024.

“Saya optimistis masih akan terus bergerak untuk mendapatkan elektabilitas yang cukup. Untuk berdampingan atau mendampingi, itu ranahnya ketua umum. Yang pasti kita tegak lurus pada keputusan partai, namun secara pribadi saya mengatakan Puan Maharani," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya