Golkar Usul Airlangga-Khofifah, PPP Menghormati

Anggota Komisi I DPR RI Syaifullah Tamliha
Anggota Komisi I DPR RI Syaifullah Tamliha
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Politik - Ketua DPP PPP Syaifullah Tamliha menyatakan bahwa partainya belum memutuskan siapa capres dan cawapres yang akan diusung pada Pilpres 2024. Meskipun demikian, mereka tidak mempersoalkan jika Partai Golkar Jawa Timur mengusulkan Airlangga Hartarto-Khofifah Indar Parawansa.

PPP Menghormati

"Belum. Kalau Golkar kita hormati dia sudah memutuskan melalui forum resminya. Official KIB siapa yang diusung itu belum dibicarakan," kata Tamliha, Kamis, 4 Agutus 2022.

Ketum Partai Golkar Airlangga bersama Gubernur Jatim Khofifah

Ketum Partai Golkar Airlangga bersama Gubernur Jatim Khofifah

Photo :
  • ANTARA

Deklarasi Usai Verifikasi KPU

Tamliha menuturkan deklarasi pasangan capres-cawapres dari Koalisi Indonesia Bersatu akan dilakukan setelah proses verifikasi parpol di KPU selesai dilaksanakan.

Namun, PPP terus melakukan penggodokan terhadap sejumlah figur potensial untuk diusung sebagai capres-cawapres di Pilpres 2024.

"Sejumlah tokoh kita godok, kita lihat elektabiliasnya," kata Tamliha.

Wajar-wajar Saja

Sementara itu, Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi, menyatakan tidak ada persoalan dengan usulan nama pasangan capres-cawapres yang disampaikan partai politik yang tergabung di KIB.

"Soal aspirasi nama-nama, saya kira hal yang wajar-wajar saja," kata Awiek.

Khofifah indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur (instagram/khofifah.ip)

Khofifah indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur (instagram/khofifah.ip)

Photo :
  • vstory

Walaupun begitu, ia menyampaikan KIB belum membahas soal figur capres-cawapres hingga sekarang. PPP juga belum memiliki nama tokoh yang akan diusulkan sebagai capres-cawapres.

"Kita belum bicara soal figur capres, itu masih nanti akan dibahas mengenai figur-figurnya siapa," katanya.

KIB Perkuat Posisi di Daerah

Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur Muhammad Sarmuji menyatakan bahwa Koalisi Indonesia Bersatu akan memperkuat posisi di daerah. Salah satu rencananya di Jatim pekan pertama Agustus 2022.

"Kami memang akan memperkuat posisi KIB salah satunya di Jatim. Dan hampir di semua kabupaten/kota KIB sudah bertemu. Untuk acara besarnya menunggu jadwal yang tepat," kata Sarmuji saat dihubungi VIVA, Senin, 1 Agustus 2022.

KIB gelar silaturahmi nasional di Jakarta, Sabtu, 4 Juni 2022.

KIB gelar silaturahmi nasional di Jakarta, Sabtu, 4 Juni 2022.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Wilibrodus.

Airlangga-Khofifah

Terkait capres, anggota DPR tersebut menegaskan tetap mengusung sang ketua umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Sementara, nama calon wakil presiden juga sudah mengerucut.

"Untuk capres memang kami akan mengusung Pak Airlangga. Untuk cawapresnya, dari DPD Golkar Jatim kami mengusulkan nama Khofifah," katanya.

Sarmuji lantas menjelaskan kenapa Golkar Jawa Timur mengusulkan nama Gubernur Jatim tersebut.

"Beliau punya basis massa yang jelas. Dan pengalaman beliau di pemerintahan juga luas baik sebagai anggota DPR, menteri maupun gubernur," ujarnya.