PKS Lirik Eks Pangdam Hasanuddin Jadi Calon Gubernur Sulawesi Selatan

Ketua PKS Sulawesi Selatan Amri Arsyid (tengah) didampingi sejumlah pengurusnya saat menjawab pertanyaan wartawan di ruang Fraksi PKS kantor DPRD Sulawesi Selatan, Makassar, Jumat, 5 Agustus 2022.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Politik – Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Provinsi Sulawesi Selatan mulai melirik sejumlah nama-nama kandidat yang akan menjadi bakal calon gubernur Sulawesi Selatan, termasuk mantan panglima Kodam XIV/Hasanuddin Mayor Jenderal TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki.

Sespri Iriana Jokowi Sendi Fardiansyah Daftar Calon Wali Kota Bogor dari Gerindra

"Beliau (Andi Muhammad) sudah menyampaikan keinginan dan kesiapannya. Intinya, kan punya keinginan dulu. Tentu saya akan usulkan nama beliau ke tingkat DPP," kata Ketua PKS Sulawesi Selatan Amri Arsyid kepada wartawan di ruang Fraksi PKS kantor DPRD Sulawesi Selatan, di Makassar, Jumat, 5 Agustus 2022.

Menurut dia, kini PKS sedang melaksanakan proses penjaringan bakal calon kepala daerah seperti bupati, wali kota dan gubernur untuk persiapan menghadapi pilkada serentak pada 2024.

Komjen Dharma Pongrekun Konsultasi Syarat Cagub Perseorangan ke KPU DKI

Kampanye pendukung PKS di Pemilu 2019 beberapa waktu lalu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Meskipun nama Andi Muhammad yang kini masih berstatus perwira TNI aktif masuk kriteria PKS untuk diusung sebagai kandidat, PKS masih tetap proaktif menjaring bakal calon kepala daerah lainnya.

KPU Optimistis Pilkada Serentak 2024 Akan Berjalan sesuai UU

"Ada beberapa nama yang kami jaring juga. Tetapi beliau (Andi Muhammad) ini kan akan pensiun Oktober tahun ini. Jadi, sangat cocoklah melanjutkan pengabdiannya sebagai gubernur," katanya.

Usulan nama Andi Muhammad itu berawal setelah pengurus PKS Sulawesi Selatan bersilaturahmi beberapa waktu lalu, hingga komunikasi politik berlanjut sampai sekarang.

Ilustrasi Pilkada.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Selain nama Andi Muhammad, beberapa nama lain yang masuk usulan bakal calon kepala daerah, kata dia, telah diproses untuk dipersiapkan selanjutnya diajukan dalam Rapat Pimpinan Nasional dijadwalkan pada tahun ini.

Sementara itu, Bendahara PKS Sulawesi Selatan Muzayyin Arif menuturkan, sosok Andi Muhammad merupakan salah satu tokoh di Sulawesi Selatan. Berkaitan dengan konteks politiknya, sejauh ini masih dalam proses penjajakan yang bersifat usulan.

"Kalau pun ke depan ada keterkaitan dengan pemilihan gubernur, saya kira itu memang bagian dari penjajakan. PKS pasti mencari yang terbaik untuk Sulsel," kata dia. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya