Anies: Bila Muncul Rasa Takut, Kualitas Demokrasi Kita Bergeser

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat soft lauching Stadion JIS
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat soft lauching Stadion JIS
Sumber :
  • Facebook Anies Baswedan

VIVA Politik – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan kepada media mengenai pentingnya menjaga objektivitas untuk mempertahankan kepercayaan publik terhadap demokrasi.

"Kami berharap media menjaga, tadi banyak disebut kata independensi, tetapi yang tidak disebut dari tadi adalah satu kata objektivitas. Untuk membangun trust (percaya), diperlukan objektivitas. Itu kata kunci," kata Anies dalam acara Temu Tokoh Nasional yang diselenggarakan oleh Forum Pemred pada peringatan Hari Ulang Tahun Ke-10 Forum Pemred di Hotel Raffles, Jakarta, Jumat, 6 Agustus 2022.

Anies berpandangan bahwa kepercayaan merupakan pilar demokrasi, sedangkan rasa takut adalah pilar otoriter. Oleh karena itu, penting bagi media untuk membangun kepercayaan, bukan rasa takut.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Photo :
  • ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

"Bila muncul rasa takut dalam demokrasi, berarti kualitas demokrasi kita bergeser. Oleh karena itu, kita harus jaga dan kita menyaksikan banyak negara demokrasi tumbang karena rasa takut hilang," ujar Anies.

Selain itu, Anies juga menegaskan bahwa media memiliki peran untuk menjaga agar ruang perdebatan itu selalu ada.

Menurut dia, ruang perdebatan untuk memastikan bahwa terdapat kesetaraan kesempatan untuk bertukar gagasan dan bertukar pikiran demi mencapai tujuan yang sama. "Tujuannya apa? Diingatkan sekali lagi, menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia."