Maba UGM Pajang 'Wadas Melawan' saat Ganjar Orasi, Netizen Terbelah

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo orasi di acara Mahasiswa Baru (Maba) UGM.
Sumber :
  • Twitter @ganjarpranowo

VIVA Politik - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo jadi perhatian netizen gegaranya viral video mahasiswa baru atau maba Universitas Gadjah Mada (UGM) membentangkan poster bertulis 'Wadas Melawan'. Peristiwa itu diduga terjadi pada Sabtu, 6 Agustus 2022.

MK Ungkap Konsekuensi Jika Kesimpulan Sengketa Pilpres Tak Diserahkan Hari Ini

Saat itu, Ganjar hadir sebagai Ketua Keluarga Alumni UGM (Kagama) dengan memberikan orasi dalam acara Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM, di Lapangan Pancasila Grha Sabha Pramana (GSP), Yogyakarta.

Dari video berdurasi 20 detik yang beredar di media sosial, Ganjar mengenakan baju putih tampil di depan ratusan maba UGM. Tampak ratusan maba dengan jaket almamater UGM duduk berjejer.

Serahkan Kesimpulan Besok, Yusril Minta MK Tolak Permohonan Anies-Ganjar

Namun, tiba-tiba salah seorang mahasiswa berdiri dengan membentangkan spanduk 'Wadas Melawan'. Cara mahasiswa itu pun sempat ditanggapi Ganjar.

Mahasiswa baru UHM bentangkan poster Wadas Melawan saat Ganjar Pranowo orasi.

Photo :
  • Tangkapan layar video
Hasto PDIP Sebut Ganjar-Mahfud Bakal Ketemu Megawati Pekan Depan

Video itu pun dapat sorotan dari netizen. Sebagian dari mereka memuji cara mahasiswa itu karena berani. Ada juga netizen yang khawatir tentang nasib dan kelanjutan mahasiswa baru itu.

Tak kalah menarik, suara netizen terbelah dengan ada yang mengkritik dan membela Ganjar. Dari suara yang mengkritik, mereka meminta Ganjar selaku kepala daerah agar bisa memihak kepada warga Wadas. Jangan memihak kepada pemodal.

"Saya mendoakan Mas Ganjar mendengar suara warga Wadas. Memihaklah kepada rakyat yang memberi jabatan kepada mas Ganjar sebagai Gubernur Jateng 2 periode. Tidak adil dan bijak memihak kpd pemodal," tulis akademisi Musni Umar dalam akun Twitternya yang dikutip pada Senin, 8 Agustus 2022.

Cuitan Musni itu pun ditanggapi netizen lain yang membela Ganjar. Dia mempertanyakan argumen Musni yang dinilai tak paham dengan persoalan Wadas.

"Ngomong opo toh Mus... Disitu Pak Ganjar hadir sebagai Ketua Umum KAGAMA paham nggak masalah Wadas sudah Pak Ganjar selesaikan baca informasi yg bener ah," sebut netizen tersebut.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menemui warga di Desa Wadas

Photo :
  • Istimewa

Beberapa netizen lain ada juga yang menyindir Ganjar. Tapi, ada lagi yang membela dengan menyebut politikus PDIP itu sebagai gubernur idolanya.

Persoalan Desa Wadas, Kabupaten Bener, Purworejo, Jawa Tengah sempat jadi perhatian masyarakat luas. Saat itu, sebagian warga menolak sosialisasi pematokan lahan untuk pertambangan quarry batuan andesit sebagai bahan material Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Bener.

Ratusan aparat polisi pada 9 Februari 2022 sempat mendatangi Desa Wadas dan viral di media sosial. Sejumlah warga sempat diamankan aparat kemudian kembali dibebaskan. 

Sebagai Gubernur Jateng, Ganjar pun ikut disorot karena dianggap harus bertanggungjawab atas kondisi di daerahnya. Ketika itu, Ganjar beberapa kali datang ke Wadas dan menyampaikan permohonan maaf ke warga setempat atas gesekan yang terjadi dengan aparat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya