Soal MenPAN-RB Pengganti Tjahjo, Hasto: Yang Jelas Kader PDIP

Hasto Kristiyanto, Sekjen PDI Perjuangan
Sumber :
  • PDI Perjuangan

VIVA Politik - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto memastikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) berasal dari kader partai berlogo banteng itu. Posisi MenPAN-RB kosong pasca Tjahjo meninggal sejak 1 Juli 2022.

KPU Ungkap Alasan Abaikan Permintaan PDIP Tunda Penetapan Prabowo

Hasto menyampaikan pengganti Tjahjo sudah dibahas oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Presiden Jokowi.

"Tentang nama-nama sudah dibahas secara mendalam dan nantinya Ibu Megawati Soekarnoputri bersama dengan Bapak Presiden Jokowi setelah 40 hari wafatnya Pak Tjahjo, akan menyampaikan siapa pengganti beliau," kata Hasto di Bentara Budaya Jakarta dikutip dari Antara, Senin, 8 Agustus 2022.

PDIP Gugat KPU ke PTUN, Ganjar: Tugas Saya dan Pak Mahfud Berakhir Usai Putusan MK

Pemakaman Menpan RB Tjahjo Kumolo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut dia, antara Megawati dengan Jokowi sudah beberapa kali bertemu. Dia bilang, secara khusus sudah disampaikan beberapa nama. Kemudian, nanti ada finalisasi dari beberapa nama tersebut.

Airlangga Respons PDIP: Jokowi-Gibran Masuk Keluarga Besar Golkar, Tinggal Formalitasnya Saja

"Yang jelas itu berasal dari kader PDI Perjuangan," kata Hasto.

Namun, dia menekankan soal pengisian jabatan MenPAN-RB sebaiknya tak perlu dipersoalkan. Sebab, ia mengatakan karena yang penting pemerintah terutama Kementerian PAN-RB tetap berjalan dengan baik.

Untuk diketahui, belum ada pejabat definitif sebagai Menteri PAN-RB setelah Tjahjo wafat pada tanggal 1 Juli 2022. Sudah lebih dari satu bulan, posisi MenPAN-RB kosong.

Tjahjo merupakan salah satu kader PDIP yang di periode kedua pemerintahan Jokowi menduduki MenPAN-RB.

Adapun untuk saat ini, Menko Polhukam Mahfud MD ditunjuk Jokowi menjadi Plt MenPAN-RB sampai terpilihnya pejabat definitif pengganti Tjahjo. Penunjukan Mahfud sebagai Plt Menteri PAN-RB itu terhitung sejak 16 Juli 2022.

Terkait pengganti Tjahjo, sejumlah nama kader PDIP sempat dispekulasikan masuk bursa calon MenPAN-RB. Beberapa nama itu seperti Tri Rismaharini, Ahmad Basarah, hingga Olly Dondokambey. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya