Dokumen Lengkap, Partai Gelora Jalani Verifikasi Administrasi

Idham Holik, Ketua Divisi Bidang Teknis KPU RI
Sumber :
  • VIVA/ Yeni Lestari

VIVA Politik - Komisi Pemilihan Umum mengungkapkan dokumen pendaftaran Partai Gelora pimpinan Anis Matta sudah lengkap dengan status sudah terdaftar pada Minggu, 7 Agustus 2022.

TKN Imbau Pendukung Prabowo-Gibran Tak Gelar Aksi Saat Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Masuk Tahap Verifikasi Administrasi

Karena itu, Partai Gelora akan memasuki tahapan berikutnya yakni verifikasi administrasi.

Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Rakorwil yang diadakan Partai Gelora Jatim secara hybrid.

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal

"Dokumen Partai Gelora dinyatakan lengkap dan memulai besok dilakukan verifikasi administrasi," kata Anggota KPU, Idham Holik, Senin, 8 Agustus 2022.

MK Kirim Surat ke Pihak Anies dan Ganjar untuk Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres 2024

Baca juga: Partai Gelora Target Lolos Ambang Batas Parlemen 4 Persen

Status Terdaftar

Dijelaskannya, pada tahapan pendaftaran, KPU memeriksa kelengkapan dokumen partai politik. Jika dokumen pendaftaran parpol lengkap, maka diterbitkan berita acara bahwa dokumen pendaftarannya lengkap dan statusnya terdaftar.

Sehari setelahnya, parpol tersebut langsung dilakukan verifikasi administrasi.

Pengurus dan para kader Partai Gelora Daerah Istimewa Yogyakarta menanam bibit pohon untuk memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia di Dusun Jamburejo, Desa Bandung, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Minggu, 28 November 2021.

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi

Sampai 14 Agustus 2022

Sementara jika dokumen pendaftarannya tidak lengkap, maka partai diberikan kesempatan untuk melengkapi dokumen pendaftaran hingga 14 Agustus 2022, pukul 23.59 WIB.

Untuk verifikasi administrasi, KPU akan melakukan penelitian terhadap kelengkapan dan keabsahan dokumen sebagai pemenuhan persyaratan partai politik menjadi peserta pemilu.

Verifikasi administrasi parpol ini dilakukan terhadap dokumen persyaratan parpol calon peserta pemilu, dugaan rangkap jabatan pengurus parpol, dugaan keanggotaan ganda parpol, dan keanggotaan parpol yang berpotensi tidak memenuhi syarat.

"Verifikasi administrasi dilakukan sampai 11 September dan tanggal 14 September akan disampaikan hasilnya kepada partai politik," kata Idham.

14 Partai Politik

Hingga hari ke-7 pendaftaran, sudah terdapat 14 partai politik yang mendaftar ke KPU dengan perincian 10 partai yang dokumennya sudah dinyatakan lengkap dan statusnya terdaftar serta 4 partai yang dokumennya belum lengkap.

Ke-10 partai yang dokumennya lengkap adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Nasdem, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda) dan Partai Gelora.

Sementara, 4 parpol yang dokumen pendaftaran tidak lengkap adalah Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), Partai Reformasi, Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai) dan Partai Demokrasi Rakyat Indonesia (PDRI).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya