Lengket dengan Prabowo, Cak Imin: Teman tapi Mesra

Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di KPU.
Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di KPU.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

VIVA Politik - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Gerindra telah selesai mendaftar sebagai partai politik atau parpol peserta Pemilu 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Setelah mendaftar, dua pentolan parpol itu yakni Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyampaikan pernyataannya.

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto awalnya mengatakan pihaknya akan menggelar rapat pimpinan nasional (rapimnas) pada 12-13 Agustus 2022. Nantinya, deklarasi koalisi akan diumumkan setelah rapimnas selesai.

"Tanggal 12 akan ada rapimnas Gerindra. Kemudian, nanti kita tunggu hasil rapimnas gimana. Baru nanti tanggal 13, kita insya Allah kalau lancar semua mungkin kita adakan pertemuan (untuk mengumumkan deklarasi koalisi)," kata Prabowo di KPU RI, Senin, 8 Agustus 2022.

Ketum Gerindra Prabowo Subianto di KPU

Ketum Gerindra Prabowo Subianto di KPU

Photo :
  • VIVA/ Yeni Lestari

Sementara itu, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Cak Imin kembali bicara terkait piagam deklarasi calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Piagam deklarasi ini disusun sebagai pondasi awal koalisi antara Gerindra dengan PKB. Di dalam piagam itu juga akan dijelaskan kerjasama politik antar kedua partai. 

Namun, Cak Imin tidak menjelaskan lebih jauh apakah di dalam piagam tersebut turut diungkap nama kandidat capres dan cawapres.