Perburuan Bupati Mamberamo Tengah, KPK Aktif Koordinasi Interpol

Plt Jubir KPK Ali Fikri
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA Politik – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku serius memburu Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak. Lembaga antikorupsi itu mengaku aktif berkoordinasi dengan National Central Bureau (NCB) Interpol, untuk mencari polikus Partai Demokrat tersebut.

KPK Siap Dampingi Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran dari Potensi Korupsi

"Sejauh ini kami masih terus berkoordinasi dengan NCB Interpol Indonesia terkait bantuan pencarian DPO (daftar pencarian orang) atas nama Ricky Ham Pagawak," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Selasa, 9 Agustus 2022.

Bupati Mamberamo Ricky Ham Pagawak (tengah)

Photo :
  • Pemkab Mamberamo Tengah
KPK Ungkap Background Pejabat Pemilik Aset Kripto Miliaran

Ali menjelaskan, pihaknya juga sudah meminta adanya pemberitahuan red notice terhadap Ricky. Bantuan dari NCB Interpol, diharap mempercepat pencarian Ricky.

"Kami tentu berharap dengan sinergi ini, Ricky Ham Pagawak dapat segera ditemukan," kata Ali.

Iskandar Sitorus Bongkar Ciri-ciri Artis P yang Terlibat Kasus Korupsi Rp4 Triliun

Masyarakat juga diminta membantu. Bantuan dari masyarakat menguatkan upaya pencarian yang dilakukan KPK. "Dukungan masyarakat juga sangat kami perlukan dalam upaya pencarian ini," kata Ali.

KPK menetapkan Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak sebagai tersangka suap dan gratifikasi pelaksanaan berbagai proyek di Pemkab Mamberamo Tengah. Namun saat ini, Ricky masih buron. Dia diduga kabur ke Papua Nugini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya