KIB Ketemuan di Surabaya 14 Agustus, Airlangga Bocorkan Agendanya

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Golkar, PAN dan PPP
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bakal melakukan pertemuan pada Minggu, 14 Agustus 2022. Pertemuan itu bakal membahas ide dan gagasan yang dibangun untuk Pemilu 2024. 

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Menurut dia, tak menutup kemungkinan, KIB juga bakal mulai mendiskusikan bakal capres-cawapres 2022.

"Tunggu nanti tanggal 14 ada agenda lanjutan di Surabaya terkait dengan apa dari isi yang akan dibawa oleh KIB," kata Airlangga dalam keterangannya di KPU RI, Rabu 10 Agustus 2022.

Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum

Dia juga mengatakan pertemuan internal parpol di KIB ini disebut bakal dilakukan secara tertutup. Selain dirinya, dua ketua umum dari PAN dan PPP yakni Zulkifli Hasan serta Suharso Monoarfa bakal hadir. 

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Golkar, PAN dan PPP

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

Airlangga menyebut KIB mendorong politik adu gagasan dalam Pemilu 2024. Gagasan tersebut akan diputuskan dalam rapat internal KIB di Surabaya mendatang. 

"Pemilu ini kita akan mendorong supaya menjadi Pemilu adu ide dan gagasan baik itu dalam Pileg maupun Pilpres," katanya.

Pun, Suharso menambahkan, agenda tersebut hanya untuk internal KIB sehingga tak mengundang eksternal termasuk Presiden Joko Widodo. "Nggak (Jokowi) belum diundang, ini baru antara kami dulu," ujar Suharso. 

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Golkar, PAN dan PPP

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sebelumnya, Ketua DPD Jawa Barat Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan terkait sosok calon wakil presiden (cawapres) antara Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa akan menjadi pembahasan dalam internal Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

"Pembahasan itu (cawapres) nanti pada saatnya dibahas tentu," kata Ace di Kantor KPU RI, Rabu 10 Agustus 2022.

Ace menyampaikan pihaknya akan mengusung sosok internal terbaik KIB. Maka itu, hal tersebut menjadi semangat dalam membangun sebuah koalisi.

"Yang harus menjadi catatan penting adalah kami menunjukkan KIB ini mencalonkan kader internal partai itu semangat yang mau dibangun KIB," ujar Ace.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya