Sampaikan Visi Misi, KIB Dinilai Tunjukkan Koalisi Tak Cuma Kekuasaan

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Golkar, PAN dan PPP
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik - Di saat partai-partai lain masih melakukan penjajakan, Koalisi Indonesia Bersatu berencana menyampaikan visi-misi yang akan jadi platform dasar perjuangan mereka yang rencanya akan disampaikan di Surabaya pada 14 Agustus 2022 mendatang.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Proyeksi Indonesia ke Depan

Peneliti Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Wasisto Raharjo Jati, menilai penyampaian visi misi tersebut menjadi poin penting bahwa tujuan berkoalisi tidak hanya sekedar demi kekuasaan, namun ada semacam proyeksi Indonesia ke depan melalui poin-poin dalam visi misi.

Ibas Harap Prabowo-Gibran Penuhi Janji Politik saat Kampanye

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Golkar, PAN dan PPP

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Hal ini menarik sebagai bagian dari pionir kompetisi pemilu 2024 yang menawarkan ide sebagai komoditas politik daripada kapitalisasi politik identitas seperti pada 2 edisi pemilu sebelumnya," kata Wasisto kepada VIVA, Jumat, 12 Agustus 2022.

Bamsoet Dukung Prabowo-Gibran Rangkul Parpol di Luar KIM Demi Indonesia Emas

Baca juga: KIB Ketemuan di Surabaya 14 Agustus, Airlangga Bocorkan Agendanya

Kontrak Politik

Ia mengatakan visi misi itu tentunya juga bagian dari pengikat atau kontrak politik bagi anggota koalisi sekarang maupun yang akan bergabung.

"Tentunya ini menunjukkan adanya fondasi sebuah koalisi jangka panjang yang menawarkan penguatan institusi partai daripada mengandalkan popularitas individu," ujarnya.

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Golkar, PAN dan PPP

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Soal Kritik dan Serangan Lawan

Terkait dengan potensi mendapat kritik atau serangan lawan, Wasisto menyampaikan bahwa adanya kritik dan debat terhadap visi/misi itulah yang menjadi ajang yang ditunggu. Alasannya karena ketahanan koalisi dari segi tawaran ide, kedewasaan berpolitik, maupun solidaritas internal.

"Tentu di sini penting juga melihat atensi publik dalam menyimak perdebatan itu," katanya.

Gelar Pertemuan di Surabaya

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan Koalisi Indonesia Bersatu bakal melakukan pertemuan pada Minggu, 14 Agustus 2022. Pertemuan itu bakal membahas ide dan gagasan yang dibangun untuk Pemilu 2024.

Menurut dia, tak menutup kemungkinan, KIB juga bakal mulai mendiskusikan bakal capres-cawapres 2022.

"Tunggu nanti tanggal 14 ada agenda lanjutan di Surabaya terkait dengan apa dari isi yang akan dibawa oleh KIB," kata Airlangga dalam keterangannya di KPU RI, Rabu 10 Agustus 2022.

Dia juga mengatakan pertemuan internal parpol di KIB ini disebut bakal dilakukan secara tertutup. Selain dirinya, dua ketua umum dari PAN dan PPP yakni Zulkifli Hasan serta Suharso Monoarfa bakal hadir.

Airlangga menyebut KIB mendorong politik adu gagasan dalam Pemilu 2024. Gagasan tersebut akan diputuskan dalam rapat internal KIB di Surabaya mendatang. "Pemilu ini kita akan mendorong supaya menjadi Pemilu adu ide dan gagasan baik itu dalam Pileg maupun Pilpres," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya