Usung Anies tapi Malah Usulkan Pansus, Gerindra: Kritis Boleh Kan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat soft lauching Stadion JIS
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat soft lauching Stadion JIS
Sumber :
  • Facebook Anies Baswedan

VIVA Politik - Elite Gerindra DKI tengah jadi sorotan karena mengusulkan pembentukan panitia khusus (Pansus) terkait robohnya pagar pembatas Jakarta International Stadium (JIS). Manuver itu jadi pertanyaan lantaran Gerindra sebagai salah satu parpol pengusung Anies Baswedan di Pilkada DKI 2017.

Usulan pembentukan pansus itu disampaikan beberapa anggota DPRD DKI dari Fraksi Gerindra seperti Ichwanul Muslimin, Wahyu Dewanto, dan Adi Kurnia Setiada dalam rapat Komisi B, beberapa waktu lalu. Bahkan, Ichwanul dalam rapat itu mengaku malu dengan insiden robohnya pagar JIS.

Menanggapi itu, Anggota DPRD DKI Jakarta, Fraksi Gerindra, Syarif menyampaikan pihaknya tetap mengusung Anies Baswedan. Kata dia, tiga temannya itu hanya menjalankan tugas legislatif sebagai lembaga yang mengawasi kinerja Pemprov DKI. 

"Ya, itu kan pendapat anggota. Belum jadi keputusan kelembagaan, belum menjadi pendapat resmi. Kita hormati, kita hargai dan segeralah membuat keputusan bersama," kata Syarif, Jumat 12 Agustus 2022. 

Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Gerindra, Syarif

Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Gerindra, Syarif

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Dia mengatakan aspirasi dari sejumlah temannya itu dihormati sebagai dinamika dalam rapat. Tapi, ia mengingatkan hal itu baru usulan, bukan pendapat resmi.

Klaim kritis

Bagi Syarif, usulan dari tiga temannya itu merupakan sikap kritis yang memang harus dilakukan untuk mengawasi Pemprov DKI Jakarta.

"Ya, kalau bersikap kritis kan boleh. Boleh untuk kebaikan masyarakat, untuk kepentingan masyarakat," ujar Syarif.

Pun, ia menambahkan, Gerindra akan tetap mendukung Anies sampai akhir masa jabatannya. Dia menepis persepsi Gerindra melawan Anies karena mengusulkan pansus. 

"Ya kita tetap mendukung sampai masa jabatan berakhir dong. Tetapi kan sikap kritis nggak boleh luntur. Jadi, ada dinamika dari teman-teman Gerindra di Komisi B bagus itu, tidak dilarang," tutur Syarif.

Launching Roboh

Pagar pembatas penonton di JIS roboh

Pagar pembatas penonton di JIS roboh

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Peristiwa robohnya pagar pembatas stadion tribun JIS saat acara launching pada Minggu, 24 Juli 2022 jadi sorotan publik. Pemprov DKI menyampaikan mengevaluasi sarana dan prasarana JIS pasca insiden tersebut.

"Kami evaluasi, apakah memang waktu dibangun itu masih kurang kuat atau bagaimana nanti kami lihat," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota Jakarta, Senin, 25 Juli 2022.

Menurut dia, beberapa indikator dievaluasi di antaranya dari sisi konstruksi hingga faktor penonton yang saat itu bersemangat. Pihaknya juga mengevaluasi kapasitas penonton di tribun agar tidak menumpuk di satu titik sehingga mengurangi bobot penonton.

"Apa lebih besar karena memang kurang kuat waktu dibangun atau pagarnya atau karena semangatnya, lagi semangat-semangatnya," imbuh Riza.