Secara Non-Formal, Gerindra Sudah Siapkan Riza Jadi Cagub DKI 2024

Wagub DKI Jakarta Riza Patria.
Wagub DKI Jakarta Riza Patria.
Sumber :
  • Rahmat Fatahillah Ilham/VIVA.

VIVA Politik - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra DKI Jakarta menyampaikan secara informal akan mendorong Ahmad Riza Patria sebagai bakal calon Gubernur DKI untuk Pilkada 2024. Namun, Riza Patria belum diusung secara formal.

"Kalau formal resmi belum, tapi secara non-formal kita sudah ada endorse dari Sekjen mengatakan kader sendiri Pak Riza Patria. Tapi, itu belum keputusan resmi," kata Syarif dalam keterangannya, Jumat 12 Agustus 2022. 

Syarif menambahkan, DPP Gerindra akan mengumumkan nama tokoh untuk Cagub DKI Jakarta usai Pileg dan Pilpres 2024. Setelah itu, menurutnya akan terlihat konstelasi politik untuk Pilkada DKI 2024.

"Pemilu selesai itu kan bulan Maret 2024. Kan setelah Maret itu kelihatan konstelasinya, siapa bergandengan dengan siapa, siapa berpotensi sengan siapa, kan kelihatan," ujar Syarif.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

Sementara itu, Syarif juga mengkonfirmasi kepada Riza Patria terkait usulan secara non-formal tersebut. Menurut Syarif, Riza akan fokus menyelesaikan tugas dalam sisa masa jabatannya sampai Oktober 2022.

Pun, dia menekankan, bahwa Riza akan fokus memenangkan Partai Gerindra di Jakarta. Namun, kata dia, Riza belum memikirkan hal apa yang akan dikerjakan selama sisa jabatannya sebagai Wagub DKI.

"Saya juga minta konfirmasi ke Pak Ariza, sisa waktu ini dia tidak akan ke mana-mana. Dia (Riza Patria) mau konsentrasi menyelesaikan tugas dengan husnul khotimah, resign dengan mulus," tutur Syarif.

Syarif menambahkan, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani meminta kader-kader partainya agar menyuarakan Riza Patria agar bisa meraih kursi memenangi Pilgub DKI Jakarta 2024.

"Kita harus siapkan kader terbaik untuk diusung sebagai calon gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2024. Dan sosok itu saya kira ada pada Saudara Wagub, A Riza Patria. Kita harus menangkan Pilgub DKI 2024 mendatang," kata Muzani dalam acara konsolidasi pengurus ranting Partai Gerindra se-DKI Jakarta, Rabu, 27 April 2022.