Jokowi Jawab Soal Restunya ke Prabowo dan Ganjar Maju Capres 2024

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto temui Presiden Jokowi (kiri).
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik – Presiden Joko Widodo, angkat bicara mengenai adanya informasi yang menyebutkan bahwa dirinya telah merestui Menteri Pertahanan yang juga Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, maju di Pilpres 2024. 

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

Jokowi menjelaskan, dirinya sebagai kepala negara tak bisa menghalangi hak politik seseorang. Termasuk jika ingin maju di pilpres mendatang.

Seperti dalam hal ini, apabila ada seorang warga negara yang dibolehkan secara undang-undang untuk maju maka Jokowi tak akan menghalanginya. Sebab, Indonesia adalah negara demokrasi.

Antasari Azhar Ucapin Selamat ke Prabowo-Gibran: Semoga Komitmen Berantas Korupsi

"Istilahnya saya kira karena menyampaikan kepada saya masak saya jangan, ndak kan nggak gitu, ya silahkan," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat 12 Agustus 2022.

Presidej Jokowi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Photo :
  • Instagram @ganjar_pranowo
Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Menurut Jokowi, dalam negara demokrasi, sah-sah saja apabila ada seorang pejabat baik itu menteri ataupun kepala daerah ingin maju sebagai calon presiden atau calon wakil presiden. Dirinya juga sebagai Kepala Negara, tak mungkin untuk membatasi hak politik orang itu.

"Demokrasi kita kan memang harus disampaikan seperti itu. Nggak mungkin Presiden yang misalnya ada menteri ke saya menyampaikan itu lalu saya buat tidak," ujar Jokowi. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengungkapkan, apabila sikapnya itu dianggap sebagai sinyal untuk memberi restu, maka Jokowi tak keberatan. 

"Silakan bahwa itu ditafsirkan sebagai restu silakan saja," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Dewan Pengarah Musyawarah Rakyat atau Musra Indonesia Relawan Jokowi, Andi Gani Nena Wea mengatakan, Jokowi saat ini belum memilih siapa pun untuk didukung sebagai Capres 2024 mendatang. 

Andi bilang, Jokowi sejauh ini dekat dengan sejumlah nama tokoh yang digadang-gadang maju sebagai capres 2024 seperti Prabowo Subianto hingga Ganjar.

Ada 3 nama yang kemungkinan akan mendapatkan dukungan dari Jokowi. Dia bilang, tiga nama bakal capres tersebut adalah sosok yang sering menempati posisi tiga teratas dalam survei nasional, yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Oh tentu, kan tiga teratas kita tahu Pak Ganjar, Prabowo dan Anies. Hasilnya pun kita tidak tahu, tetapi pasti kan tidak jauh dari situ," kata Andi di Istana Kepresidenan Senin 8 Agustus 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya