Saiful Mujani: Kalau Prabowo Tak Nyapres, Apa yang Dijual Gerindra?

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat di KPU.
Sumber :
  • Twitter Partai Gerindra @Gerindra

VIVA Politik - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kemungkinan besar bakal maju lagi sebagai capres untuk Pilpres 2024. Sinyal Prabowo kembali nyapres terlihat dari desakan kader Gerindra kali ini melalui forum rapimnas.

Yuddy: Sikap Prabowo Tunjukkan Kepekaan atas Kondisi Geopolitik

Peneliti politik senior Saiful Mujani menilai meski sudah beberapa kali maju dan kalah sosok Prabowo tetap punya magnet untuk pemilih. Sebagai tokoh, ia melihat Prabowo layak dijual Gerindra sebagai capres.

Dia menekankan sejauh ini eks Danjen Kopassus itu sudah dua kali maju sebagai capres pada 2014 dan 2019. Sinyal 2024 Prabowo bakal maju lagi menguat.

Prabowo Larang Pendukungnya Demo di MK, Demokrat Beri Pujian: Negarawan dan Komitmen Tinggi

"Itu karena desakan dari Gerindra agar Pak Prabowo nyalon. Karena Pak Prabowo itu punya kekuatan sebagai magnet menarik pemilih. Sebagai tokoh. Kalau tidak maju sebagai calon presiden, apa modal yang dijual Gerindra ini, kira-kira kan begitu," kata Saiful dalam bedah politik SMRV TV yang dikutip VIVA pada Jumat, 12 Agustus 2022.

Peneliti politik senior Saiful Mujani

Photo :
  • YouTube SMRC Tv
Terima Parpol Lain Gabung Koalisi Prabowo, Demokrat Tak Pusingkan soal Jatah Menteri

Dia menangkap makna lain alasan Prabowo terus didorong nyapres. Dengan Prabowo maju capres maka akan menopang suara Gerindra yang cukup bagus.

"Jadi, targetnya bukan Pak Prabowo jadi Presiden. Tapi, at least Gerindra itu suaranya cukup bagus dan mengamankan para politisi Gerindra," tutur pendiri Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) tersebut.

Saiful menganalisa, hal itu mungkin sebagai harapan minimal kader Gerindra. Suara parpol bagus di pemilu disertai mengamankan suara elite Gerindra. "Mungkin itu harapan minimal, syukur-syukur Pak Prabowo terpilih sebagai Presiden," lanjut Saiful.

Begitu juga menurutnya dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Dia menangkap makna Cak Imin dekat dengan Prabowo sehingga nanti bisa membantu suara PKB.

"Cak Imin mungkin juga begitu. Jadi syukur-syukur saya minimal jadi calon wakil presiden punya kemampuan, mungkin punya logistik dibantu Pak Prabowo, untuk memobilisasi pemilih sehingga itu membantu PKB. Mungkin itu. petimbangaannya," jelas Saiful.

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto saat di KPU.

Photo :
  • Twitter Partai Gerindra @Gerindra

Prabowo kemungkinan akan kembali maju sebagai bakal capres 2024. Sinyal Prabowo bakal nyapres lagi terlihat dari desakan kader Gerindra yang siap mengukuhkan Menteri Pertahanan itu dalam forum Rapimnas di Sentul, Bogor.

Rangkaian Rapimnas itu akan berlanjut dengan deklarasi antara Gerindra dengan PKB pada Sabtu besok, 13 Agustus 2022. Rencananya, Prabowo dan Cak Imin akan menandatangai piagam kerja sama politik antara dua parpol tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya