Bikin Poros 2024, Prabowo-Cak Imin Teken Piagam Deklarasi Koalisi

Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di KPU.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

VIVA Politik - Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan mendeklarasikan koalisi menuju Pilpres 2024 di Sentul International Convention Centre (SICC), Bogor, Sabtu, 13 Agustus 2022. Dua pentolan parpol itu Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin akan menandatangani piagam deklarasi koalisi.

Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah

Ketua DPP PKB Lukmanul Khakim menjelaskan acara deklarasi jadi bagian rangkaian acara Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Gerindra. Menurut dia, Prabowo dan Cak Imin akan langsung tandatangan kesepakatan koalisi menuju Pilpres 2024.

"Yang tandatangan piagam kerjasama langsung antar ketua umum, Gus Muhaimin dan Prabowo Subianto," kata Lukman, sapaan akrabnya, saat dihubungi VIVA, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Sidang Sengketa Pilpres di MK, Bawaslu Sebut Jokowi Bagi-bagi Bansos Tak Langgar Netralitas

Cak Imin dan Prabowo saat menghadiri pendaftaran partai di KPU

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Dia menekankan piagam yang ditandatangani itu sebagai kesepakatan kerja sama politik Gerindra-PKB dalam koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Kata dia, dalam deklarasi di Sentul nanti, Cak Imin akan ditemani elite pengurus DPP PKB termasuk dirinya, Sekretaris Jenderal DPP Hasanuddin Wahid, Wakil Ketua Umum DPP Jazilul Fawaid, Wakil Sekjen DPP Saeful Huda, hingga Ketua DPP Daniel Johan.

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

"Pengurus PKB akan berangkat bareng dari kantor DPP PKB jam 6 pagi terus acara dimulai sekitar jam 8an di Sentul," ujar Lukman.

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di KPU.

Photo :
  • Twitter @cakimiNOW

Terkait urusan cawapres dari koalisi ini, Lukman mengatakan memang belum ditentukan. Dia bilang perjalanan menuju Pilpres 2024 masih panjang,

"Perjalanan masih panjang, pendaftaran capres-cawapres masih tahun depan, masih setahun lagi," sebut Lukman.

Adapun informasi dari Ketua DPP PKB Daniel Johan, selain pengurus DPP, pimpinan Fraksi PKB di DPR juga akan turut serta ke Sentul. Selain itu, beberapa pimpinan DPW PKB juga ikut dalam rombongan.

Sebelumnya, dalam Rapimnas hari pertama Jumat kemarin, Prabowo sudah menjawab desakan kader Gerindra agar maju lagi sebagai capres 2024. Eks Danjen Kopassus itu menyampaikan siap dicalonkan lagi sebagai capres untuk Pilpres 2024. 

"Dengan mengucap bismillahirohmanirohim, setelah saya mempelajari dan mendengarkan dengan seksama sikap setiap DPD dan setiap sayap partai, yang mengharapkan saya untuk menerima pencalonan sebagai Presiden Republik Indonesia tahun 2024," kata Prabowo dalam pidatonya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya