Partai Mahasiswa Tidak Mendaftar ke KPU Untuk Ikut Pemilu 2024

Gedung KPU (Komisi Pemilihan Umum)
Gedung KPU (Komisi Pemilihan Umum)
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA Politik – Partai Mahasiswa, yang sempat mendapat perhatian publik diawal kemunculannya, ternyata tidak mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum atau KPU untuk menjadi calon peserta Pemilu 2024. Hingga jadwal waktu yang ditentukan, yakni 1-14 Agustus 2024, Partai Mahasiswa tidak melakukan pendaftaran. Ada beberapa partai lainnya yang tidak mendaftar.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mencatat 40 partai politik (parpol) resmi mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 hingga batas waktu penutupan, Minggu (14/8) pukul 23.59 WIB.

"40 Parpol resmi mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024," kata Komisioner KPU RI August Mellaz dalam jumpa pers di Jakarta, Senin dini hari, dikutip dari Antara.

Dia menjelaskan 40 parpol yang mendaftar itu dari 43 parpol pemegang akun sistem informasi partai politik (Sipol) KPU RI.

Selanjutnya kata dia, dari 40 parpol yang mendaftar, 24 parpol berkas pendaftaran dinyatakan lengkap dan 16 parpol sedang dalam proses periksaan.

"Tiga parpol yakni Partai Damai Sejahtera Pembaharuan, Partai Mahasiswa Indonesia dan Partai Rakyat, hingga batas waktu ditentukan, tidak melakukan pendaftaran," ungkap August.

Adapun 24 Parpol yang berkasnya dinyatakan lengkap yakni: