SBY Absen di Sidang Tahunan MPR dan Upacara Kemerdekaan di Istana

Susilo Bambang Yudhoyono, SAAT Pelantikan Presiden Jokowi-Ma'ruf
Susilo Bambang Yudhoyono, SAAT Pelantikan Presiden Jokowi-Ma'ruf
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik - Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dipastikan tak bisa menghadiri sidang tahunan MPR dan ucapara kemerdekaan di Istana. Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu akan berada di Malaysia sejak 14-18 Agustus 2022.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Demokrat Imelda Sari menyampaikan SBY ada memiliki beberapa rangkaian agenda selama di Malaysia. Salah satunya akan menyampaikan pidato di Universitas Kebangsaan di Malaysia.

"Iya betul mas. Karena Bapak ada kegiatan di University Kebangsaan Malaysia untuk memberikan pidato A better world is possible besok. Selain itu ada beberapa kegiatan lainnya di Malaysia sampai 18 Agustus ini," kata Imelda saat dikonfirmasi VIVA, Senin, 15 Agustus 2022.

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Imelda menambahkan SBY tetap mengikuti upacara 17 Agustus. Namun, hal itu dilakukan di KBRI Malaysia. Agenda lainnya, SBY akan menyaksikan klub bola voli miliknya, Lavani akan menghadapi tim Malaysia.

"Nanti 17 an ikut upacara di KBRI Malaysia dan ada pertandingan Lavani melawan tim Malaysia," tutur Imelda.

Sebelumnya, Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP Demokrat Andi Arief nge-tweet soal SBY yang bertolak ke Malaysia sejak Minggu kemarin. Andi juga mengunggah foto SBY bersama jajaran elite Demokrat seperti dirinya, Wakil Sekjen Jansen Sitindaon, Wakil Sekjen Ossy Dermawan, hingga dua Anggota Majelis Tinggi Andi Mallarangeng dan Syarif Hasan.

Ilustrasi Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi saat Sidang Tahunan MPR RI

Ilustrasi Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi saat Sidang Tahunan MPR RI

Photo :
  • VIVA/Sopian/Pool

Andi menulis SBY juga rencananya di Malaysia akan bertemu dengan Sultan Selangor Sharafuddin Idris Shah. Dia juga menyebut SBY tetap mengikuti Upacara 17 Agustus di KBRI Kuala Lumpur.

"Otw Malaysia 14 -18 Agustus, menghadiri pidato SBY di depan civitas Universitas Kebangsaan Malaysia dan Sultan Selangor, upacara 17 Agustus di KBRI dan pertandingan persahabatan voli Lavani vs tim Malaysia," tulis Andi akun Twitternya, @Andiarief yang dikutip Senin, 15  Agustus 2022.

Sebelumnya, Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan sidang Tahunan MPR, sidang bersama DPR-DPR 2022 kali ini akan digelar secara luring. Dia menambahkan, untuk agenda sidang Tahunan ini diikuti 575 anggota DPR, 134 anggota DPD.

Selain itu, ada Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Kemudian, ada juga jajaran menteri dan pimpinan lembaga tinggi negara. 

Pun, diundang juga tokoh yang juga mantan presiden dan wakil presiden seperti Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri; Presiden ke-6 RI SBY. Kemudian, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla; Wakil Presiden ke-6 RI, Tri Sutrisno; hingga Wakil Presiden ke-11 RI, Boediono juga diundang.