Pengamat Anggap Visi Misi KIB Bisa Perkuat Demokrasi RI

Tiga ketum parpol di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) saat daftar ke KPU.
Tiga ketum parpol di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) saat daftar ke KPU.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Elite pengurus dan tiga ketua umum partai politik (parpol) yang tergaung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bertemu pada Minggu kemarin di Surabaya, Jawa Timur. Tiga pentolan KIB itu membeberkan visi misi KIB.

Menanggapi itu, pengamat politik dari Universitas Airlangga, Airlangga Pribadi Kusman menilai visi misi KIB punya kemajuan dibanding koalisi parpol lain. Menurutnya, ide dan gagasan yang dapat dalam visi misi itu mesti jadi prioritas yang diperjuangkan Golkar, PAN, dan PPP.

“Yang paling penting lewat ide dan gagasan ini kita tidak hanya memilih pemimpin yang memiliki konstituen besar. Tetapi, memilih pemimpin yang layak memimpin Indonesia ke depan," kata Airlangga kepada wartawan, Senin, 15 Agustus 2022. 

Tiga Ketum Golkar, PAN, dan PPP yang tergabung dalam KIB.

Tiga Ketum Golkar, PAN, dan PPP yang tergabung dalam KIB.

Photo :
  • Istimewa

Pun, ia menekankan paparan visi misi versi KIB bisa perkuat memperkuat demokrasi di Tanah Air menuju 2024. Bagi dia, ada harapan untuk KIB agar bisa mempertemukan kandidat calon presiden untuk diuji kemampuan serta visi dan misi mereka.

“Saya berharap KIB benar-benar mendorong pemimpin yang layak untuk negara ini. Saya juga berharap, ide, gagasan dan rasionalitas yang menjadi visi dan misi KIB jadi matahari kesadaran dari politik Indonesia," lanjut Airlangga.

Bagi dia, ide dan gagasan KIB bisa jadi pohon beringin yang meneduhkan dan mengakar kuat di bumi Indonesia.