PKS Puji Langkah Kapolri Bubarkan Satgasus Merah Putih

 Aboe Bakar Alhabsyi.
Aboe Bakar Alhabsyi.
Sumber :

VIVA Politik – Anggota Komisi III DPR RI Habib Aboe Bakar Al Habsyi mengapresiasi langkah Kepala Polri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang membubarkan Satgas Khusus (Satgasus) Merah Putih Polri. Satgasus merupakan jabatan nonstuktural di dalam Korps Bhayangkara.

Satgasus Merah Putih dibentuk tahun 2019, saat kepala Polri dijabat oleh Jenderal Tito Karnavian. Saat itu, Ketua Satgasus diemban oleh Kepala Bareskrim Polri Komjen Idham Azis dan Ferdy Sambo kala itu menjadi Sekretaris Satgasus. Sebelum dibubarkan, Satgasus sedang dipimpin Irjen Ferdy Sambo.

"Pembubaran Satgasus oleh Kapolri adalah langkah tepat untuk saat ini, setidaknya agar Ferdy Sambo bisa fokus dalam menghadapi perkara yang dihadapi," kata Aboe kepada wartawan, Senin, 15 Agustus 2022.

Irjen Ferdy Sambo di Bareskrim Polri

Irjen Ferdy Sambo di Bareskrim Polri

Photo :
  • VIVA / Rahmat Fatahillah Ilham

Menurut Aboe, langkah Kepala Polri sangat tepat dalam membubarkan Satgasus Polri. Sehingga dengan itu, akan membuat Polri lebih serius dalam menjalankan tugasnya menyelidiki kasus kematian Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, yang belakangan diduga Ferdy Sambo sebagai dalangnya.

Irjen Pol Ferdy Sambo

Irjen Pol Ferdy Sambo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

“Langkah ini menunjukan keseriusan Kapolri untuk mengungkap perkara ini secara clear. Selain itu juga menunjukkan kepada publik bahwa Polri benar-benar ingin melakukan langkah pro justitia untuk semua kalangan,” kata Sekretaris Jenderal PKS itu.