Ide dan Gagasan KIB Dinilai Perlu Dilaksanakan Orang yang Pengalaman

Koalisi Indonesia Bersatu
Sumber :
  • istimewa

VIVA Politik - Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unair, Kacung Marijan, menilai ide dan gagasan yang disampaikan oleh Koalisi Indonesia Bersatu sudah bagus. Selanjutnya, mereka harus mencapai kesepakatan tentang siapa yang akan menjadi capres dan cawapres.

Petinggi Gerindra: Kemungkinan Pengajuan Hak Angket DPR Hanya 3 Persen

Siapa yang Cocok

“Kalau konsisten dengan politik gagasan, harus sama-sama melihat, gagasannya seperti itu lalu siapa saja yang kira-kira cocok untuk memperjuangkan dan melaksanaan gagasan itu,” kata Kacung, Senin, 15 Agustus 2022.

Pimpinan Golkar di Daerah Minta Airlangga Dipilih secara Aklamasi di Munas, Menurut Sekjen

Elite Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) saat di Surabaya.

Photo :
  • Istimewa.

Capres-cawapres

Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024

Kacung menuturkan dalam sebuah koalisi partai, tentang siapa itu capres dan cawapres yang akan diusung, juga tidak lepas dari kalkulasi-kalkulasi yang ada.

“Ketika ada kesepakatan bahwa pada dasarnya semua ketum layak memperjuangkan dan melaksanakan gagasan itu, maka kalkulasi selanjutnya bisa lebih konkrit. Yakni siapa yang kira-kira memiliki konstituen besar,” katanya.

Baca juga: Visi-Misi KIB, Zulhas Ajak Evaluasi Demokrasi Indonesia

Bisa Undang Orang Lain

Ia mengatakan jika KIB memang betul-betul mau terbuka, bisa menggundang orang lain yang kira-kira bisa memperjuangkan dan melaksanakan gagasan-gagasan itu. Namun, lanjutnya, partai-partai koalisi tentu memiliki pertimbangan tersendiri.

Airlangga Layak Dijagokan Sebagai Capres

Terkait potensi yang dimiliki Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Kacung menilai layak untuk dijagokan sebagai calon presiden dari KIB.

Elite Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) saat di Surabaya.

Photo :
  • Istimewa.

Pengalaman Penting

Alasannya pertama, Airlangga merupakan ketua partai besar. Kedua, ia memiliki pengalaman panjang di DPR dan di eksekutif.

"Bagaimanapun juga, untuk menjadi calon presiden-wakil presiden, kan membutuhkan orang-orang yang berpengalaman juga," katanya.

Menurutnya, Airlangga juga memiliki kemampuan untuk mendetilkan ide dan gagasan yang ada di KIB saat ini. Seperti misalnya saat mengusung program PATEN dan bagaimana menangani bonus demografi yang dimiliki Indonesia.

“Saya kira ide dan gagasan dari KIB ini bagus. Karena ketika memperoleh kekuasaan nanti akan dipakai untuk apa,” kata Kacung.

Koalisi Indonesia Bersatu

Photo :
  • istimewa

Positif untuk Pendidikan Politik di Indonesia

Secara umum, Kacung menilai apa yang dilakukan KIB saat ini cukup positif untuk pendidikan politik di Indonesia. Ke depan ia melihat KIB akan bersentuhan dengan bagaimana cara memperoleh kekuasaan tersebut untuk mengimplementasikan gagasan-gagasan besar yang sudah dibangun bersama.

“Artinya masing-masing partai di KIB harus tetap konsisten bagaimana mempertahankan dan memperjuangkan gagasan-gagasan itu, terlepas dari siapa yang akan dicalonkan menjadi capres dan cawapres nanti,” katanya.

Menurutnya, godaan dari KIB saat ini adalah menguji konsistensi untuk tetap berpegang teguh pada politik gagasan yang harus dicapai bersama-sama. Ia melihat KIB pada akhirnya bukan sekadar menang dalam gagasan. Namun, bagaimana mencapai dan mewujudkan gagasan itu melalui kekuasaan, yakni memenangkan pemilu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya