Tak Hadiri Sidang Tahunan MPR, SBY Isi Kuliah Umum di Malaysia

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Politik - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak menghadiri Sidang Tahunan MPR-Sidang Bersama DPR, DPD di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 16 Agustus 2022. Ketidakhadiran SBY karena Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu sedang berada di luar negeri.

Pun, aktivitas SBY di Negeri Jiran itu salah satunya dengan menjadi keynote speaker dalam acara Syarahan Canselor Tuanku Muhriz Ke-5 di Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM). Dalam kesempatan itu, SBY menyampaikan kuliah umum yang berjudul 'A Better World is Possible'.

"Hari ini, saya ingin berbagi pemikiran saya dengan Anda tentang beberapa masalah global dan bagaimana kita dapat membuatnya lebih baik," kata SBY dalam pidatonya itu, Selasa 16 Agustus 2022.

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

SBY meyakini apa yang menjadi permasalahan di dunia saat ini bisa diatasi dengan baik. Dia percaya bahwa dunia yang lebih baik itu adalah hal yang mungkin untuk diwujudkan.

"Sebagai mantan kepala negara dan kepala pemerintahan, saya selalu percaya dunia yang lebih baik itu mungkin. Dunia yang lebih baik adalah mungkin jika semua tantangan itu dapat diatasi dengan tatanan dunia yang efektif, sehat, dan adil," jelas SBY.

Kuliah umum ini di Malaysia itu tampak dihadiri ratusan tamu undangan termasuk dari Indonesia. Tampak hadir Dubes RI untuk Malaysia, Hermono, beserta jajarannya. 

Turut hadir juga sejumlah mantan Menteri dan wakil Menteri Kabinet Indonesia Bersatu, yaitu Djoko Suyanto, Hatta Rajasa, Purnomo Yusgiantoro, dan Dino Patti Djalal.

Selain itu, ada juga Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Mallarangeng. Pun, mahasiswa Indonesia di yang berkuliah di UKM turut hadir.

Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono

Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono

Photo :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution

Rencananya, agenda lain SBY di Malaysia yaitu akan menghadiri santap malam dengan tuan rumah Yang di-Pertuan Besar Negeri Sembilan Tuanku Muhriz ibni Munawir, yang juga merupakan Canselor UKM. 

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal DPP Demokrat Imelda Sari menjelaskan alasan SBY yang tak bisa hadir dalam Sidang Tahunan MPR dan Upacara 17 Agustus di Istana. SBY ada kegiatan di Malaysia selama 14-18 Agustus 2022.

"Iya, betul mas. Karena Bapak ada kegiatan di University Kebangsaan Malaysia untuk memberikan pidato A better world is possible besok. Selain itu ada beberapa kegiatan lainnya di Malaysia sampai 18 Agustus ini," kata Imelda saat dikonfirmasi VIVA, Senin, 15 Agustus 2022.

Selain itu, SBY juga akan ikut upacara 17 Agustus di KBRI, Kuala Lumpur, Malaysia. SBY disebut juga akan menyaksikan pertandingan klub bola miliknya Lavani dengan tim Malaysia.