Ditemani Futri, Zulhas Hadiri HUT RI di Istana Pakai Baju Adat Lampung

Mendag yang juga Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas bersama putrinya.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau Zulhas menghadiri upacara HUT ke 77 Kemerdekaan RI di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 17 Agustus 2022. Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu hadir menggunakan baju adat Lampung twist modern.

Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak, Mendag Zulhas: Tunggu Tanggal Mainnya!

Zulhas ke Istana didampingi putrinya yang juga kader PAN, Futri Zulya Savitri. Selain Zulhas, beberapa tamu undangan dan pejabat negara juga mengikuti upacara tersebut dengan mengenakan pakaian daerah.

Presiden RI Joko Widodo yang memimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Negara mengenakan pakaian adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara. Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana. 

Zulhas Enggan Revisi Aturan Barang Bawaan dari Luar Negeri: Bayar Pajak Dong!

Sementara, Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin memakai baju adat Provinsi Banten.

Presiden Jokowi memimpin upaca peringatan HUT TNI ke-77 di Istana Merdeka

Photo :
  • YouTube Sekretariat Presiden
Zulhas soal Jatah Kursi Menteri: Terserah Prabowo, Itu Hak Prerogatif Presiden

Sebelum upacara HUT RI di Istana dimulai, dilakukan kirab budaya yang merupakan prosesi arak-arakan untuk membawa duplikat bendera pusaka sang merah putih. Selain itu, dibawa juga naskah teks proklamasi dari tempat penyimpanan di Ruang Kemerdekaan yang berada di Cawan Monas menuju Istana Merdeka.

Upacara dimulai dengan tembakan meriam sebanyak 17 belas kali, diikuti bunyi sirine selama satu menit.

Komandan Upacara HUT RI di Istana Negara, Jakarta.

Photo :
  • YouTube Setpres

Dalam upacara itu, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI La Nyalla Mahmud Mattalitti membacakan naskah proklamasi. Selanjutnya, Presiden Jokowi selaku inspektur upacara memimpin para peserta upacara untuk mengheningkan cipta.

Adapun upacara pengibaran dan penurunan bendera berjalan lancar serta khidmat. Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibraka) yang berasal dari 34 provinsi menjalan tugasnya dengan baik. 

Beberapa pejabat negara yang hadir di Istana adalah Gubernur DKI Anies Baswedan, Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Keuangan Sri Mulyani hingga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Selain itu, ada juga Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri juga hadir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya