Istana Siapkan Pelantikan MenPAN-RB di IKN, Siapa Dia?

Presiden Jokowi dan Sejumlah Menteri Kabinet di Titik Nol IKN
Sumber :
  • Sekretariat Presiden

VIVA Politik - Istana punya rencana melantik Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) yang baru di Ibu Kota Nusantara (IKN). Pelantikan itu bersamaan dengan peletakan batu pertama atau ground breaking Istana Negara di ibu kota baru tersebut.

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

"Ada dua insya Allah. Insya Allah ground breaking Istana Negara dengan pelantikan menteri nanti. Tapi, tidak tahu, itu kami serahkan ke Presiden (Joko Widodo)," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Istana Kepresidenan Jakarta dikutip dari Antara, Kamis, 18 Agustus 2022.

Heru menjelaskan belum ada pelantikan MenPAN-RB baru pengganti Tjahjo Kumolo. Hal ini karena jadwal Presiden Jokowi cukup sibuk usai dari China, Jepang, dan Korea Selatan.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

"Sebelumnya ke Eropa, baru kembali kemarin, sudah mempersiapkan 17 Agustus, pidato kenegaraan. Mudah-mudahan beliau sempatlah untuk bisa memilih menteri yang memang akan dipilih Pak Presiden," jelasnya.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono.

Photo :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat
Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

Menurut dia, Presiden juga sudah mengantongi nama-nama kandidat MenPAN-RB. Namun, ia tak bisa menjawab soal nama-nama tersebut.

"Ini ranah Pak Mensesneg dan Pak Seskab, doain ada waktu untuk beliau bisa," lanjut Heru.

Heru menambahkan jadwal Jokowi usai perayaan HUT ke-77 RI tetap padat. Salah satunya pada Kamis hari ini akan kunjungan kerja ke Karawang, Jawa Barat.

"Akhir Agustus, kunjungan ke daerah timur, tapi sebelum Agustus berakhir itu ada kunjungan ke IKN dan (wilayah) timur," ujarnya.

Pemakaman Menpan RB Tjahjo Kumolo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Adapun saat ini Menko Polhukam Mahfud MD ditunjuk Jokowi sebagai Plt MenPAN-RB sampai ada pejabat menteri definitif. Selain Mahfud, Mendagri Tito Karnavian juga pernah menjalani posisi MenPAN-RB Ad interim.

Posisi MenPAN-RB kosong sejak Tjahjo Kumolo meninggal dunia karena sakit di Jakarta pada 1 Juli 2022. Sejumlah nama terutama dari politikus PDI Perjuanga (PDIP) sempat dikaitkan dengan MenPAN-RB. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya