Arteria Dahlan Ingin Kapolri Umumkan Langsung Motif Kasus Ferdy Sambo

Arteria Dahlan PDIP Anggota DPR Komisi III
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan, meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mengungkap motif dalam kasus yang melibatkan tersangka Irjen Ferdy Sambo. Hal itu menurut Arteria Dahlan, lantaran saat ini banyak sekali beredar motif penembakan yang menyebabkan Brigadir J meninggal dunia. 

Kisah Jenderal Hoegeng, Sosok Polisi Sejati Indonesia

"Saya bertanya sebagai anak bangsa, untuk motif walaupun tidak menjadi kewajiban, ini kan sudah dua kronologi asli yang tak terbantahkan dari pelaku utama sekalipun. Namun, Polri tidak bisa bekerja di ruang hampa. Ini untuk kepentingan penyidikan, tidak bisa untuk konstruksi penyidik, harus ada keterangan resmi Polri yang disampaikan Kapolri terkait motif itu," kata Arteria dalam rapat dengar pendapat Komisi III dengan Kapolri beserta jajaran, Rabu 24 Agustus 2022.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat ikuti rapat di Komisi III DPR.

Photo :
  • VIVA/ Yeni Lestari.
Kapolri Pimpin Kenaikan Pangkat 11 Pati Polri, Ada Kapolda Gorontalo Irjen Pudji

Dengan pernyataan tegas langsung dari Kapolri, kata dia, maka kabar-kabar mengenai motif di luar sana, tidak menjadi liar.

"Sehingga tak ada lagi motif LGBT, motif cinta segitiga, motif judi, motif apa nggak ada pak. Ini harus dihentikan," kata Arteria.

Polri Petakan Jalur Rawan Kecelakaan Saat Mudik, Terutama di TransJawa

Dalam pemaparan sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan kalau motif yang menewaskan Brigadir J akan dibuka dalam persidangan nantinya. Tetapi bagi Arteria, jika ini tidak dibuka oleh Kapolri, maka akan muncul penafsiran lainnya di tengah-tengah publik.

Bahkan lanjut dia, jika Kapolri bertahan untuk tidak mengumumkan motif pembunuhan yang menyeret Ferdy Sambo itu, justru akan menimbulkan informasi lainnya yang sebenarnya tidak benar. Yang digunakan untuk menghancurkan Polri.

"Kalau Kapolri masih bertahan ini setiap hari akan ada distraksi media maupun oknum yang sengaja merusak institusi Polri," katanya.

Dalam rapat dengar pendapat tersebut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, awalnya juga menjelaskan runtutan peristiwa yang menyeret Ferdy Sambo. Kapolri menyebut, motif penembakan Brigadir J akan diungkap di persidangan.

"Motif Saudara FS melakukan perbuatan tersebut karena yang bersangkutan marah dan emosi atas setelah mendengar laporan dari Ibu PC, terkait dengan peristiwa yang terjadi di Magelang yang dianggap mencederai harkat martabat keluarga. Untuk lebih jelasnya nanti akan diungkapkan di persidangan," jelas Kapolri dalam rapat tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya