Pengamat: Peluang Ganjar Tampaknya Hampir Tertutup Diusung PDIP

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat penutupan rakernas PDIP.
Sumber :
  • Tangkapan kayar video YouTube PDIP

VIVA Politik - Dinamika menuju Pilpres 2024 menarik dinanti setelah Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIPPuan Maharani mulai lakukan safari politik menemui pimpinan partai politik atau parpol. Aksi Puan safari politik dinilai sebagai kode PDIP untuk 2024.

Momen Mahfud MD, Ketua MA hingga Ketua THN Amin Baca Puisi di Halal Bihalal IKA UII

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga menganalisa PDIP tampaknya sudah bulat mengusung Puan di Pilpres 2024. Meski politik cair dan tak bisa dipastikan, tapi ia menilai sinyal PDIP sejauh ini menguatkan Puan maju sebagai kontestasi Pilpres 2024.

Dia memprediksi PDIP melalui Ketua Umumnya Megawati Soekarnoputri hanya tinggal menunggu waktu untuk umumkan Puan.

PPP Bakal Gelar Rapimnas Tentukan Arah Politik, Berani Gak jadi Oposisi Prabowo?

"Resminya hanya tinggal menunggu waktu yang baik bagi Megawati untuk mengumumkannya," kata Jamiluddin, dalam keteranganya, Jumat, 26 Agustus 2022.

Megawati Diapit Kedua Anaknya, Puan Maharani dan Prananda Prabowo.

Photo :
  • PDI Perjuangan
Mardiono Akui Bakal Segera Temui Prabowo: Sedang Kita Atur Waktu

Pun, dia mengatakan dengan sinyal Puan yang didorong maju di 2024 maka berbalik dengan Ganjar Pranowo. Menurut dia, peluang Gubernur Jawa Tengah itu sudah hampir tertutup diusung PDIP.

"Karena itu, pihak-pihak yang berharap Ganjar akan diusung PDIP sebagai capres, tampaknya akan kecewa. Peluang Ganjar tampaknya sudah hampir tertutup  untuk diusung PDIP," jelas Jamiluddin.

Maka itu, ia menganalisa dengan kondisi saat ini, pilihan Ganjar hanya tetap loyal jadi kader PDIP atau loncat ke parpol lain. "Kalau mau tetap loyal, sebaiknya hentikan bermanuver agar tetap aman di PDIP," tutur Jamiluddin.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

Namun, menurutnya jika Ganjar berani dan mau pindah ke parpol lain maka sekarang saat yang tepat. Hasrat untuk menjadi capres tampaknya masih terbuka di partai lain. Kata dia, Ganjar mesti putuskan sikap politiknya untuk 2024.

"Dua pilihan itu memang ibarat simalakama bagi Ganjar. Namun, itu harus diputuskan agar tidak terus bermanuver tapi dalam ketidakpastian," ujarnya.

Nama Ganjar Pranowo digadang-gadang bakal maju sebagai bakal capres 2024. Politikus PDIP itu masuk dalam bursa capres versi lembaga survei dengan berada di jajaran atas dalam perolehan elektabilitas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya