Poltracking: Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Jokowi 68,4 Persen

Presiden Jokowi
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Politik – Hasil survei teranyar Lembaga Survei Poltracking Indonesia menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi sebesar 68,4 persen. Sementara itu, publik yang tidak puas dengan kinerja presiden Jokowi sebesar 16,2 persen dan sangat tidak puas 3,1 persen.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Jokowi: Investasi Terus Masuk

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan meningkatnya kepuasan publik atas kinerja Presiden Jokowi lantara kebijakan yang disukai masyarakat. Kehadirannya dinilai telah membawa banyak kebermanfaatan. 

Dia mengatakan hal tersebut sudah terjadi sejak awal masa kepemimpinan Presiden Jokowi. Bahkan hingga memasuki tahun ketiga dalam menjalankan roda pemerintahan, dampak positifnya begitu dirasakan masyarakat.

Cerita Jokowi Bertemu Bos Apple-Microsoft: Memprihatinkan

"Berbagai kebijakan telah diambil oleh pemerintah untuk kepentingan publik. Baik program lanjutan pada periode pertama maupun program baru pada periode kedua Presiden Jokowi," ujar Hanta dalam rilis Survei Nasional Poltracking Indonesia di Jakarta, Rabu, 31 Agustus 2022.

Menurut dia sebagai pemegang mandat rakyat, kinerja Presiden Jokowi menjadi penting untuk selalu diperhatikan. Salah satunya seperti dengan mengukur tingkat kepuasan publik terhadap jalannya pemerintahan melalui survei opini publik. 

Jawaban Kocak Jokowi Usai Lengser

Karenanya tingkat kepuasan publik menjadi indikator yang relevan untuk menilai kerja-kerja
pemerintahan. Sehingga dengan begitu diharapkan ke depan akan terus membawa perbaikan yang lebih besar lagi bagi kemajuan bangsa ke depan.

"Temuan dalam survei ini, sebagai evaluasi kinerja pemerintah tentang tingkat kepuasan (job approval rating) terhadap kinerja Pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin," ujar Hanta.

Baca juga: Survei Poltracking: Ganjar, Prabowo, Anies Jadi Capres Terkuat di 2024

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya