Jadi Plt Ketum PPP, Anggota Wantimpres Bantah Kudeta

Ilustrasi Logo Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Novrian Arbi

VIVA Politik - Muhammad Mardiono yang ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP mengaku tidak melakukan kudeta kepemimpinan di partai berlambang Kabah itu. Dia mengaku hanya menerima mandat hasil Musyawarah Kerja Nasional yang berlangsung sejak Minggu hingga Senin dini hari, 4-5 September 2022.

MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar, PPP Beri Selamat ke Prabowo-Gibran

"Tidak ada istilah kudeta, ini adalah estafet kepemimpinan menghadapai hal besar," kata Muhammad Mardiono, di lokasi Mukernas, Senin, 5 September 2022.

Kantor DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Menteng, Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Dicky Chandra Daftar Bakal Calon Wali Kota Tasikmalaya dari PPP, Ngakunya Spontan

Bicara dengan Suharso

Mardiono juga mengaku telah berbicara dengan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa terkait pelaksanaan Mukernas di Kabupaten Serang, Banten.

PAN ke PPP: Akui Dulu Prabowo-Gibran Menang Pilpres Jika Mau Gabung Koalisi

Baca juga: Mukernas PPP Tunjuk Wantimpres Sebagai Plt Ketua Umum

Namun tidak banyak yang dibicarakan melalui sambungan seluler pada Minggu, 4 September 2022 itu. Mardiono beralasan kesibukan Suharso yang menyebabkannya.

Ketua Umum DPP PPP Suharso Monoarfa

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Tadi pagi beliau juga telepon saya, karena waktunya sempit dan beliau kembali ke tanah air, maka komunikasinya tidak banyak," katanya.

Untuk Suksesi 2024

PPP kubu Muhammad Mardiono beralasan perpindahan kepimpinan di partai berwarna hijau untuk suksesi 2024, sekaligus membiarkan Suharso Monoarfa fokus bekerja sebagai menteri Bappenas. Terlebih saat ini, banyak agenda besar yang harus dilaksanakannya, seperti helatan G20 dan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Musyawarah Kerja Nasional PPP di Serang, Banten, Minggu, 4 September 2022.

Photo :
  • ANTARA

Seluruh helatan agenda nasional itu bagus diselesaikan dengan konsentrasi penuh. Di sisi lain, partai harus terus bekerja untuk sukses pemilu mendatang.

"Dalam pertimbangan, beliau juga mengemban amanah yang besar di kementrian, di Bappenas, menghadapai G20 dan sebagainya. Terutama beliau di tugas negara. Begitu juga di tugas kepartaian, agar sama-sama fokus karena tuntutan ke depan," katanya.

Mukernas PPP menunjuk Muhammad Mardiono yang juga anggota Wantimpres sebagai Plt Ketua Umum PPP. Sedangkan Suharso Monoarfa telah diberhentikan dari jabatannya, melalui mahkamah partai PPP, buntut dari gaduhnya ucapan 'amplop kiai'.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya