Survei LPI: Anies Unggul Tipis dari Ganjar, Prabowo Urutan Tiga

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat soft lauching Stadion JIS
Sumber :
  • Facebook Anies Baswedan

VIVA Politik - Lanskap Politik Indonesia (LPI) merilis survei terbarunya terkait preferensi publik; pembangunan dan peta elektoral Pileg-Pilpres 2024. Dari temuan survei diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ada di urutan teratas.

Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Menlu Singapura Atas Kemenangan di Pilpres 2024

Direktur Eksekutif LPI, Andi Yusran menjelaskan Anies meraih angka dari dukungan pemilihnya dengan 25,6 persen. Selisih Anies dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo cukup tipis hanya terpaut 0,5 persen. Raihan Ganjar di angka 25,1 persen. Pun, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ada di urutan tiga dengan 10,5 persen.

"Pemilihan Presiden tahun 2024 mendatang diprediksi akan ditandai dengan pertarungan tiga kandidat dari dua ‘generasi’ berbeda. Anies, Ganjar dan Prabowo Subianto," kata Andi, dalam keterangannya yang dikutip pada Senin, 5 September 2022.

Prabowo Segera Bahas Koalisi Setelah Ditetapkan Jadi Presiden Terpilih Besok

Andi melanjutkan di urutan berikutnya atau empat ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno (4,3 persen), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY (2,1 persen), Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (1,1 persen) dan Panglima TNI Jenderal Andika  Perkasa (0,1 persen).

Gubernur Ganjar Pranowo saat kegiatan di Magelang, jateng.

Photo :
  • Istimewa
Kemenangan Prabowo-Gibran Diharap Jadi Peluang Kembangkan Ekonomi Berbasis Laut

Menurut Andi, peta tiga teratas itu kemungkinan sulit berubah. Dia memprediksi Anies, Ganjar, dan Prabowo yang akan maju dalam pertarungan Pipres 2024.

Dia bilang meski Anies dan Ganjar belum memiliki kendaraan partai politik tapi dua tokoh itu punya elektabilitas yang moncer. Kedua kepala daerah itu dinilai jadi magnet bagi partai politik untuk meminangnya. 

Namun, Prabowo dianggap aman melaju dengan Partai Gerindra. Untuk koalisi, Gerindra cukup berkoalisi dengan parpol lain. Saat ini, sudah ada PKB yang masih lengket dengan Gerindra.

Utak Atik Cawapres

LPI juga meriset untuk calon yang berpotensi sebagai cawapres. Menurut Andi, merujuk siapa calon wakil presiden pilihan pemilih terdapat nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (25,7 persen), Menparekraf Sandiaga Uno (11,5 persen) dan AHY (11,2 persen).

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

Photo :
  • Pemprov Jabar

Lalu, di posisi berikutnya ada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Eric Tohir (8,5 persen), Ketua DPR Puan Maharani (2,5 persen), Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (2,3 persen) dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (1,8 persen). 

"Terdapat 11,5 persen pemilih yang tidak tahu dan belum menentukan pilihannya," jelas Andi.

Andi menganalisa posisi Ridwan Kamil dan AHY diprediksi tak sulit mendapatkan perahu dan pasangan. Kedua tokoh itu dianggap punya elektabilitas yang mendukung. Berbeda dengan Sandiaga Uno yang dinilainya punya kendala dari Gerindra.

"Sedikit memiliki kendala untuk maju sebagai cawapres mengingat posisinya yang sekamar parpol dengan Prabowo," sebut Andi.

Dalam survei LPI ini dilakukan dalam waktu 15 – 25 Agustus 2022. Survei menggunakan metode multistages random sampling yang melibatkan 1.200 responden. Lalu, margin error dalam survei ±2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya