Kesiapan Sandiaga Nyapres Direspon Negatif Oleh Publik

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno
Sumber :
  • VIVA.co.id/Cahyo Edi

VIVA Politik – Lembaga Survei Nasional (LSN) merilis hasil survei elektabilitas sejumlah tokoh nasional yang berpotensi menjadi Capres pada 2024. Pada Survei tersebut, diketahui tokoh yang menduduki elektabilitas teratas adalah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan perolehan 30,6%. 

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Berdasar analisa Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry, deklarasi kesiapan Prabowo Subianto maju sebagai capres 2024 dan deklarasi koalisi Kebangkitan Indonesia Raya antara Gerindra dan PKB membuat elektabilitas Prabowo meningkat.

"Pasca deklarasi, suara Gerindra solid mendukung Prabowo dan masih gencarnya Sandiaga bergerilya mencari dukungan di berbagai daerah kelihatan justru direspon negatif oleh publik. Sandi dipersepsikan sebagai kader Gerindra yang tidak loyal pada keputusan partai yang telah bulat mengusung Prabowo," kata Gema, Senin 5 September 2022.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Ketum Gerindra Prabowo Subianto saat Rapimnas Gerindra di Sentul.

Photo :
  • Twitter Partai Gerindra @Gerindra

Sementara untuk Sandiaga Uno yang sempat menduduki peringkat ke-4 dalam rilis survei LSN Februari 2022, elektabilitasnya semakin merosot. Pada survei Februari 2022, elektabilitas Sandiaga mencapai 8,7%. Pada survei Juni 2022, elektabilitas Menteri Pariwasata dan Ekonomi Kreatif itu merosot menjadi 4,2%.

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies

"Sedangkan pada survei Agustus-September 2022 ini elektabilitas Sandiaga anjlok lagi menjadi 1,8%," ujarnya.

Untuk elektabilitas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan yang sempat disebut-sebut sebagai kompetitor Prabowo di 2024, berdasar survei LSN, justru mengalami kemandegan, bahkan cenderung menurun. Di mana Ganjar Pranowo elektabilitasnya sebesar 18,9% dan Anies Baswedan sebesar 16,8%

Tentang fenomena mandegnya tingkat dukungan pada Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, Gema melimat dipengaruhi oleh banyak faktor. Di antaranya, pertama hingga kini belum jelas partai apa yang akan menjadi kendaraan Ganjar dan Anies untuk maju sebagai capres 2024. 

"Semakin aktifnya Puan Maharani mensosialisasikan diri sebagai capres mengindikasikan bahwa peluang Ganjar diusung PDI Perjuangan semakin kecil. Sedangkan untuk Anies, peluangnya untuk bisa nyapres di 2024 semakin sempit karena Gubernur DKI itu tidak berafiliasi dengan satu partai pun," ujarnya. 

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan capres teratas di survei

Photo :
  • ist

Kedua, sambung Gema, jika Ganjar dan Anies maju dalam kontestasi Pilpres 2024, publik kelihatan masih trauma dengan perang cebong vs kampret yang terjadi pada Pilpres 2019. Hingga kini pendukung Ganjar dan Anies masih gencar bertempur di dunia maya.

Survei LSN kali ini dilakukan pada tanggal 29 Agustus s/d 02 September 2022 di 34 provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Jumlah sampel aam survei ini sebesar 1.230 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel systematic random sampling. 

Ambang kesalahan (margin of error)+/- 2,79%  dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya