Sylviana: Pj Gubernur DKI Harus Komitmen Lanjutkan Program Anies

Saat Sylviana Murni menjadi Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta dampingi AHY tahun 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat.

VIVA Politik – Ketua Badan Kerja Sama Parlemen Dewan Perwakilan Daerah, Sylviana Murni menegaskan, penjabat (Pj) gubernur pengganti Anies Baswedan harus melanjutkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang sudah dirancang pemerintahan sebelumnya.  

Terpopuler: Anggota Polri di Timnas U-23, Rocky Gerung Larang Anies Nyagub

“Mau atau tidak, nantinya Pj akan punya tanggung jawab besar mengawal program gubernur yang sudah ditetapkan dalam RPJMD. Kan ketentuannya, antara lain bahwa Pj harus melanjutkan karena batu penjuru Jakarta sudah jelas,” kata dia, dalam keterangan di Jakarta, dikutip dari Antara, Rabu.

Ketua Komite III DPD RI Sylviana Murni di Jakarta

Photo :
Buka MTQ ke-38 Jabar, Pj Gubernur Bey: Simbol Kecintaan Umat Islam Terhadap Alquran

Sebagai informasi, Sylviana sebelumnya pernah ikut dalam kontestasi menjadi wakil gubernur DKI Jakarta dalam ajang Pilkada 2017 bersama Agus Yudhoyono. Pada Pilkada 2017 itu, pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menang.

Dia juga menyebut, pj gubernur DKI harus memiliki integritas dan komitmen yang kuat untuk memajukan Jakarta.

Jokowi Sahkan UU DKJ, Heru Budi: Itu yang Terbaik untuk Jakarta

“Pj gubernur DKI tentu harus orang yang memiliki integritas dan komitmen yang kuat untuk kemajuan Jakarta. Terutama kita tahu bahwa status Jakarta saat ini bukan lagi ibu kota dan akan bermetamorfosa jadi kota global,” kata wanita asli Betawi ini

Hal itu dia katakan mengingat masa jabatan Anies Baswedan akan berakhir pada Oktober 2022 mendatang. Meskipun muncul beberapa nama yang ramai diperbincangkan publik, dia menilai bahwa penunjukan pj gubernur DKI menjadi kewenangan presiden atas rekomendasi Kementerian Dalam Negeri.

Lebih lanjut, wakil rakyat dari daerah pemilihan DKI Jakarta itu menyampaikan kurang lebih dua tahun masa jabatan pj gubernur DKI ke depan bisa disebut sebagai masa transisi dari ibu kota negara menjadi kota global. Menurut dia, hal itu akan menjadi tantangan tersendiri bagi pj gubernur DKI.

Diketahui, tiga sosok yang saat ini ramai dibicarakan publik untuk menggantikan Anies Baswedan, di antaranya Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali, dan Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar.

Saat ditanya soal siapa yang pantas menggantikan Anies, Sylvi menyebutkan bahwa ketiganya merupakan sosok yang punya kapasitas dalam kepemerintahan. Menurut dia, setingkat eselon 1 sudah paling paham cara kerja pemerintah.

“Kita tunggu saja presiden tentukan siapa, itu kan hak prerogatif presiden ya. Tapi yang pasti ketiganya punya kapasitas, sekelas eselon I itu sudah khatam lah cara berbirokrasi dan berpemerintahan seperti apa,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya