Survei Indostrategi: Prabowo Unggul Jauh Dari Ganjar dan Anies

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan capres teratas di survei
Sumber :
  • ist

VIVA Politik – Persaingan tokoh potensial menuju Pilpres makin hangat, setidaknya ada tiga nama tokoh potensial yang selalu dominan dalam survei yang dilakukan sejumlah lembaga riset di tanah air. Yakni Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Anies Baswedan. 

Sekjen Gerindra Sebut Syarat Utama Bakal Calon Menteri Kabinet Prabowo-Gibran 

Lembaga riset Indostrategi Research and Consulting merilis hasil survei terbaru mereka dimana diantara tiga tokoh potensial tersebut, nama Prabowo masih unggul dua lainnya yakni Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Prabowo memiliki tingkat elektabilitas 31,3%, Ganjar 20%, dan Anies 14,9%. 

"Setidaknya ada dua hal mengapa Prabowo unggul dipicu deklarasi poros Gerindra dan PKB selain kinerjanya dianggap baik oleh publik. Sementara Ganjar dan Anies mengalami stagnansi karena publik belum melihat kinerja yang moncer sehingga melirik tokoh lain," kata Direktur Indostrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam, Jumat 9 September 2022

Survei LSI: Mayoritas Rakyat Percaya Kejagung Bakal Usut Tuntas Kasus Korupsi Rp 271 T

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

Photo :
  • VIVA/Anwar Sadat

Menurut Arif, pemilih terbesar Prabowo berasal dari pemilih Parpol Gerindra (14,7%), PDIP (4,1%), PKB (3,5%), Perindo (1,5%) dan Golkar (1,2%). Pemilih Gerindra cenderung solid dukungannya terhadap Prabowo. 

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

"Tampaknya pernyataan Sandi yang siap menyatakan diri menjadi capres tidak berimbas sama sekali terhadap pemilih Prabowo dan Gerindra," ujar Arif

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mengecek sejumlah SPBU di pantura.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

Sedangkan Pemilih terbesar Ganjar berasal dari pemilih Parpol PDIP (8,5%). Namun belum cukup maksimal karena masih belum jelas dan definitifnya keputusan PDIP terkait Capres yang diusung, apalagi pemilih PDIP lebih loyal terhadap partai dibanding capres yang diusung. 

"Sementara, pemilih terbesar Anies berasal dari pemilih Parpol PKS (2,5%), PDIP (2,2%), Gerindra (1,5%), NasDem (1,4%) dan PKB (1,2%)," ujar Arif

Gubernur DKI Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Terkait dengan nama lainnya, kata Arif, ada nama Agus Hatimurti Yudhoyono dan Erick Thohir yang berada pada posisi lima besar. Temuan yang cukup menarik terjadi pada elektabilitas Puan Maharani dan Sandiaga Uno.

Meskipun elektabilitas Puan berada di posisi ke-6 namun ia mengalami kenaikan berarti. "Sandiaga mengalami penurunan elektabilitas seiring definitifnya dukungan Partai Gerindra terhadap Ketua Umumnya, Prabowo Subianto menjadi Capres 2024," ujar Arif.

Berikut tingkat elektabilitas sejumlah tokoh potensial Capres versi Survei Indostrategi:

- Prabowo Subianto 31,3% 
- Ganjar pranowo 20% 
- Anies Baswedan 14,9% 
- Agus Harimurti Yudhoyono 5,3% 
- Ridwan Kamil 4,1% 
- Puan Maharani 3,3% 
- Khofifah Indar Parawansa 3% 
- Erick Thohir 1,8% 
- Sandiaga Uno 1,8% 
- Airlangga hartato 1,8% 
- Muhaimin Iskandar 1,7% 
- Surya Paloh 0,3% 
- Ahmad Syaikhu 0,2% 
- Zulkifli Hasan 0,2% 
- Suharso Monoarfa 0,2% 
Tidak tahu atau tidak menjawab 10,1%

Survei ini dilaksanakan pada 29 Agustus-5 September 2022 melalui wawancara langsung terhadap 1.230 responden yang diambil menggunakan metode multistage random sampling, dengan margin of error +/- 2,8% pada tingkat kepercayaan 95%.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya