Partai Berkarya Pertanyakan Hacker Bjorka Buka Data Muchdi Pr

Hacker Bjorka.
Sumber :
  • Twitter @bjorkanism

VIVA Politik – Sekretaris Jenderal Partai Berkarya Badarudin Andi Picunang menanggapi pernyataan peretas Bjorka yang kembali menyebutkan nama Muchdi Purwopranjono alias Muchdi Pr yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Berkarya, sebagai pembunuh aktivis HAM Munir Said Thalib.

7 Kasus Pembunuhan Paling Misterius di Dunia, Ada dari Indonesia

Andi membela Muchdi Pr dan menegaskan bahwa Muchdi tidak terlibat dalam kasus pembunuhan Munir.

"Lima tahun lalu jelang Pemilu 2019 isu Munir ini mencuat, waktu itu menyorot kehadiran Pak Muchdi PR dan Polycarpus di Partai Berkarya. Selaku Sekjen, saat itu saya membantah dan pasang badan utamanya di media bahwa pengadilan dan secara hukum kedua tokoh tersebut sudah diperiksa dan menjalani proses, terbukti mereka sudah bebas secara hukum dan tidak terlibat," kata Andi Picunang dikonfirmasi awak media, Minggu, 11 September 2022.

Istri Sudah Tewas, Begini Kondisi Tragis Munir yang Nyaris Dibunuh Anak Pakai Golok

Muchdi Pr bebas

Photo :
  • Antara/ Ujang Zaelani

Menurut Andi, Muchdi PR sebagai warga negara Indonesia (WNI) mempunyai hak untuk dipilih dan memilih dalam kontestasi Pemilu. Ia juga mempertanyakan munculnya isu Muchdi Pr jelang Pemilu 2024. Apalagi, Partai Berkarya sedang dalam posisi tidak lulus verifikasi administrasi KPU sebagai partai politik peserta Pemilu 2024.

Terinspirasi Hacker Bjorka Bikin Eks Karyawan Judi Online Jual Data Nasabah Bank Lewat Dark Web

"Partai kami, Partai Berkarya lagi disorot karena tidak lolos pendaftaran di KPU saat ini dan adanya dinamika internal tidak kunjung usai. Kader lagi galau menunggu kepastian dan Ketum kami lagi berjuang bagaimana partai ini bisa eksis di Pemilu 2024," kata Andi.

Kendati demikian, Andi menyerahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum mengenai dugaan keterlibatan Muchdi PR dalam kasus pembunuhan aktivis HAM Munir. Lagi pula, Muchdi telah diadili dalam kasus tersebut. Andi menduga ada niat butuk di balik ungkapan peretas Bjorka.

AKSI KAMISAN 14 TAHUN WAFAT MUNIR

Photo :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

"Adanya hacker Bjorka membuka ke publik lagi pasti ada niat di balik itu. Entah mau menutupi isu ter-update sekarang atau sekedar isu jelang Pemilu lima tahunan. Wallahu alam," kata Andi.

Data pribadi Muchdi

Peretas Bjorka dalam akun Twitter miliknya @bjorkanism merilis informasi yang diklaim sebagai hasil retasan terbaru, terkait dalang pembunuh Munir Said Thalib. Hal itu diungkap dalam situs yang disematkan dalam cuitan yang berjudul 'Who Killed This Good Man? atau diartikan dengan Siapa Pembunuh Orang Baik ini?'.

"Saya akan memberitahu anda sebuah nama jika anda bertanya, siapa sosok dibalik kematian Munir. Dia adalah Muchdi Purwopranjono yang saat ini duduk sebagai ketua umum Partai Berkarya," tulis Bjorka.

Bjorka lalu merinci data diri dari Muchdi PR, mulai dari nomor ponsel, alamat rumah, hingga nomor vaksin COVID-19 yang pernah diikuti yang bersangkutan.

Bjorka kemudian mengurai, bagaimana Muchdi menjadi dalang atas kematian Munir. Menurut peretas yang digadang asal Polandia ini, Muchdi yang kala itu menjabat sebagai Kepala Deputi V Badan Intelijen Negara (BIN) tahun 2003 merasa gerah dengan tindak tanduk Munir sebagai aktivis HAM. Namun akun @bjorkanism kini sudah tidak ada di Twitter, sejak Minggu, 11 September 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya