Di Jeju Korsel Megawati Tanam Pohon: Semua Harus Cinta Lingkungannya

Megawati Soekarnoputri Menanam Pohon di Jeju, Korea Selatan
Sumber :
  • PDI Perjuangan

VIVA Politik – Di sela-sela kehadirannya di Jeju Peace Forum, Korea Selatan, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri menyempatkan menanam pohon. Peraih gelar Profesor dari Unhan itu mengatakan, seluruh manusia yang ada di dunia ini harus mencintai dan menjaga lingkungannya. Sebab ketika lingkungan hancur, maka yang ada hanya kepunahan.

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

Megawati menanam pohon Magnolia, di Megawati Soekarnoputri Garden. Lokasinya ada di area dekat Hotel WE Jeju, Seogwipo, Provinsi Jeju, Korea Selatan. Ini adalah yang ketiga kalinya, Ketua Dewan Pengarah BRIN itu menanam pohon di sana. Yang pertama adalah tahun 2013, lalu 2017 saat meresmikan nama taman itu, dan sekarang. Taman Megawati seluas 10 hektare.

“Karena saya sangat mencintai lingkungan dan sangat berharap bahwa semua manusia di dunia ini tetap harus mencintai lingkungannya, termasuk tumbuh-tumbuhan dan hewannya,” kata Megawati Soekarnoputri, dalam keterangan persnya, Rabu 14 September 2022.

Media Asing Beri Julukan untuk Timnas Indonesia U-23: Tim Pengacau

Megawati mengingatkan, saat ini dunia dihadapkan pada ancaman pemanasan global. Putri Proklamator Bung Karno itu melanjutkan, maka terhadap itu harus disadari dan diwaspadai. Jika tidak, kerusakan akan semakin terjadi.

“Tidak dapat saya bayangkan kalau di bumi ini manusia tinggal di bumi yang gundul, saya maksud tentunya tidak ada tanaman, menjadi gurun pasir dan mungkin yang ada hanya tanaman kaktus dan lain sebagainya. Dan itu awal kepunahan, yang namanya hewan dan lain sebagainya,” jelas Megawati.

Media Korsel Sorot Timnas Indonesia: Senjata Paling Berbahaya Mereka Adalah STY

Bermula saat Ketua Umum DPP PDIP itu menginap di Hotel WE Jeju karena mengikuti Jeju Peace Forum. Dari situ, ia berkomunoikasi dengan pemilik hotel yakni Dr. Sung Soo Kim. Dari perbinicangan itu, ternyata sama-sama punya hobi terhadap lingkungan.

“Saya berbicara dengan beliau karena saya senang tanaman, saya tanyakan apa saja tanaman di Pulau Jeju. Seperti yang saya lihat, ini ada azalea, ada seperti yang saya tanam sendiri ada magnolia, dan lain sebagainya. Ada cemara. Saya sangat bahagia sekali, kok tanaman di Jeju ternyata sangat subur ya,” kata Mega.

Kecintaan terhadap tanaman, diwujudkan Megawati dengan mendirikan Yayasan Kebon Raya Indonesia. Dengan begitu, ia terus mengkampanyekan agar seluruh daerah memiliki lebih banyak kebun raya.

“Sekarang, dari yang sudah jadi dan baru dimulai, akan berjumlah 45 sampai sekarang,” katanya.

Atas penamaan taman dengan nama dirinya, Megawati menyampaikan terima kasih. Dia mengaku, selalu memotivasi teman-temannya untuk membuat taman sendiri seperti kebun raya.

“Saya jadi sering mengatakan kepada teman saya, ayo temen-temen bikin kebun raya supaya nama kamu bisa ditaruh disitu,” kata Megawati sambil tersenyum.

Sementara Sung Soo Kim mengaku senang, bisa kembali menemani Megawati menanam pohon. Dia menjelaskan perjalanan Megawati menanam pohon di taman tersebut. 

“Ini kejadian bersejarah. Kami berharap kebun ini akan menjadi lambang kedua negara akan berjalan tulus, akan berjalan selamanya, dan hubungan kedua negara makin lama makin dekat,” kata Sung Soo Kim.

“Saya berharap kebun yang bernama Megawati Soekarnoputri ini juga akan lebih berkembang sehingga WE Hotel juga dapat berkembang lebih maju,” lanjutnya.

Hadir juga di sana Dubes RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistyanto dan istri, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Ketua DPP PDIP Rokhmin Dahuri, Kepala BRIN Laksana Tri Handoko, Mantan Ketua Dewan Jeju Kim Tae Suk, dan disainer pribadi Megawati, Samuel Wattimena.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya