Airlangga Salah Satu Capres Internal KIB, Khofifah Masuk Radar

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik - Partai Amanat Nasional merespons positif usulan menduetkan calon presiden dari Koalisi Indonesia Bersatu dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Meski demikian, sampai saat, KIB belum menentukan pasangan calon yang akan diusung pada Pilpres 2024 mendatang.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

Calon Internal KIB

"Yang sudah pasti bahwa ada calon internal KIB sebagai calon prioritas yaitu Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan dan Mardiono," kata Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, saat dihubungi wartawan, Kamis, 15 September 2022.

Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo-Gibran: Mau Gak Mau Harus Terima, Tapi...

Viva Yoga menyampaikan alasan Khofifah masuk dalam radar bukanlah karena sekadar representasi gender.

"Soal pilpres 2024 dikaitkan dengan perspektif gender, itu boleh saja. Tetapi persoalan gender di Pilpres 2024 menjadi faktor non signifikan," katanya.

Surya Paloh Temui Prabowo di Kertanegara, Nasdem Jadi Gabung Koalisi?

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Ia menambahkan pemilu sebagai pengejahwantahan kedaulatan rakyat dibangun oleh nilai kesetaraan, termasuk gender equality. Karena demokrasi lebih menekankan pada keadilan hak, apakah dia lelaki atau perempuan.

"Demokrasi pemilu dibangun atas dasar one person, one vote, one value," kata Viva Yoga.

Sebelumnya, Peneliti Utama BRIN, R Siti Zuhro, menyarankan Koalisi Indonesia Bersatu mengusung Airlangga-Khofifah. Alasannya, kompetisi di Pilpres 2024 akan sangat ketat dan jumlah perempuan Indonesia sangat signifikan.

"Maka mencapreskan bu Khofifah Indar Parawansa cukup menguntungkan dan menjanjikan (promising),” kata Zuhro saat dihubungi wartawan, Selasa, 13 September 2022.

Zuhro menuturkan bila Golkar sudah mantap mengusung Airlangga sebagai capres maka tinggal menyempurnakan kemenangan KIB dengan mengambil cawapres yang membumi serta cawapres yang memiliki integritas dan ceruk dukungan bagus di tataran lokal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya