Jubir PD: Aspirasi Kader Ingin AHY Diusung Sebagai Capres 2024

Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama elite partai. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik - Partai Demokrat menggelar rapat pimpinan nasional (rapimnas) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. Nama Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menguat untuk diusung jadi bakal calon Presiden pada 2024.

AHY Ogah Bebankan Prabowo soal Jatah Menteri Buat Demokrat

"Memang kalau selama ini Mas AHY keliling seluruh Indonesia bertemu dengan para pimpinan partai, para wakil rakyat dan para masyarakat. Itu masukannya saat ini memang Mas AHY diusung sebagai capres oleh kader-kader kami," kata Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Demokrat, Herzaky Mahendra Putra.

Herzaky menyampaikan, aspirasi dari pimpinan para pemilik suara dan para wakil rakyat akan dipertimbangkan jika nama AHY diusulkan sebagai bakal capres dalam rapimnas. "Ini akan benar-benar menjadi pertimbangan utama dalam membawa ke rapat majelis tinggi partai," jelas dia.

Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024, AHY: Saatnya Rekonsiliasi

Politisi Demokrat Herzaky Mahendra Saputra bersama AHY

Photo :
  • Twitter@Herzaky_MP

Menurut dia, DPP Demokrat akan menghargai aspirasi internal para kader dan pengurus partai dari berbagai daerah. Kemudian, hasil rapimnas tentu akan dibawa diskusi kepada partai calon mitra koalisi.

AHY Cuti Demi Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran Jadi Presiden dan Wapres RI

"Kita menghargai aspirasi internal partai lain independensi dan kemandiriannya. Tapi dalam koalisi ya kebersamaan. Kesepakatan bersama," ujarnya.

Selain itu, Herzaky menambahkan, sesuai pernyataan AHY bahwa Partai Demokrat baru punya 9,36 persen sehingga perlu koalisi dengan partai lain. Maka itu, pembahasan soal koalisi juga akan dibahas bersama dalam agenda rakernas.

"Nantinya itu semua aspirasi masyarakat konstituen dan para pimpinan Partai Demokrat ini akan dibawa dalam rapat bersama teman-teman calon mitra koalisi ini," tuturnya.

Energi Positif

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya mengatakan 98 persen peserta Rapimnas dari berbagai daerah hadir dan memenuhi kuorum di JCC Senayan pada Kamis, 15 September 2022.

Sekjen Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya,

Photo :
  • Istimewa

Menurut dia, kegiatan rapimnas ini spesial karena momen perdana para pimpinan Demokrat dari pusat hingga daerah  berkumpul kembali secara tatap muka setelah lebih 2 tahun imbas pandemi COVID-19. "Semoga kebersamaan ini menambah soliditas dan loyalitas kita kepada Partai Demokrat," kata Riefky.

Kemudian, Riefky mengatakan Rapimnas sesuai ketentuan Anggaran Dasar (AD) Partai Demokrat Pasal 28 adalah salah satu jenis rapat-rapat di tingkat nasional.

Menurut dia, kewenangannya sudah dijelaskan dalam AD/ART, yaitu rapat yang memutuskan keputusan strategis dan politis. Terkecuali yang menjadi kewenangan Kongres dan dilaksanakan sesuai kebutuhan.

Berdasarkan AD/ART, kata dia, peserta Rapimnas adalah diikuti oleh Majelis Tinggi Partai, Dewan Kehormatan, Dewan Pertimbangan, Mahkamah Partai, Dewan Pimpinan Pusat, Dewan Pimpinan Wilayah, dan Dewan Pimpinan Cabang, dan Dewan Pimpinan Luar Negeri.

"Semoga kebersamaan kita menjadi energi positif yang menguatkan dalam upaya menjemput kemenangan Partai Demokrat pada Pemilu 2024," jelas Anggota DPR ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya