Anies Baswedan Siap Nyapres 2024, Wagub DKI Lebih Memilih Prabowo

Wagub DKI Ahmad Riza Patria
Sumber :
  • VIVA/Riyan Rizki

VIVA Politik Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menyatakan kesiapannya untuk menjadi Calon Presiden (Capres) pada pemilihan presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang. Pernyataan itu disampaikan langsung oleh Anies saat diwawancarai oleh media asal Singapura.

Yusril Sindir Mahfud soal Narasi dan Petitum Gugatan Sengketa Pilpres Tak Sejalan

Menanggapi pernyataan Anies itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan itu merupakan hak bagi semua warga negara untuk mencalonkan diri menjadi calon kepala negara pada tahun 2024 mendatang.

“Itu hak dari semua warga negara dipilih dan memilih,” kata Riza kepada wartawan di Balai Kota Jakarta Pusat, Jumat 16 September 2022.

Otto Hasibuan Klaim Pemilu 2024 Paling Damai, Bukan Paling Buruk

Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wagub DKI Ahmad Riza Patria

Photo :
  • VIVA/Riyan Rizki

Lebih lanjut, Ketua DPP Partai Gerindra itu mengatakan sudah memiliki pilihannya untuk dipilih pada Pilpres 2024. “Saya punya hak untuk memilih, pilihan saya ya Pak Prabowo,” jelas dia.

Rumor Ganjar Ditawari jadi Menteri Prabowo, Gibran: Yang Nawari Siapa?

Untuk diketahui, sebelumnya Anies Baswedan menyatakan siap maju sebagai capres 2024 saat diwawancara salah satu media asing di Singapura. Eks Mendikbud itu sebelumnya bertolak ke Singapura karena dapat penghargaan Lee Kuan Yew Exchange Fellow (LKYEF) ke-72.

Dalam artikel media asing itu ditulis Anies menjalankan tugasnya sebagai Gubernur DKI selama lima tahun. Jabatan Anies resmi akan berakhir bulan depan. 

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan meresmikan 1.348 unit rumah DP 0

Photo :
  • FB Anies Baswedan

Anies juga disebut muncul dalam jajak pendapat survei sebagai salah satu tokoh teratas yang diperkirakan maju di Pilpres 2024. 

"Saya siap mencalonkan diri sebagai presiden jika sebuah partai mencalonkan saya," kata Anies saat di Singapura dikutip pada Jumat, 16 September 2022.

Menurut Anies meski bukan kader parpol, justru hal itu memungkinkan dirinya untuk berkomunikasi dengan semua faksi. Pun, dia mengomentari namanya yang masuk dalam sejumlah hasil lembaga survei.

“Survei yang tidak diminta ini terjadi, bahkan sebelum saya berkampanye. Saya pikir mereka memberi saya lebih banyak kredibilitas," kata Anies.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya