Kriteria Capres-Cawapres 2024, AHY: Demokrat Usung Kader Utamanya

Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat Rapimnas di JCC, Senayan.
Sumber :
  • Youtube Partai Demokrat

VIVA Politik– Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan harapan dan rekomendasi Partai Demokrat untuk Pemilu 2024 usai melaksanakan  rapat pimpinan nasional (rapimnas) sejak Kamis, 15 September 2022. Menurut dia, rekomendasi ini berdasarkan aspirasi kader partai baik pusat maupun daerah.

Serahkan Kesimpulan ke MK, Kubu Ganjar: Kami Ingin Pemungutan Suara Ulang di Indonesia

Sesuai dengan hak politik yang dimiliki, AHY mengatakan, Demokrat tentu ingin membangun koalisi dengan partai-partai lainnya. Selain itu, kata dia, Demokrat juga punya hak untuk mengusung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

Rapimnas Partai Demokrat, AHY

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Gibran Akui Ada Pembicaraan soal Kemungkinan Koalisi dengan PDIP

“Koalisi serta pasangan calon presiden dan calon wakil presiden 2024, tentu harus sesuai dengan kriteria dan tema perjuangan politik Partai Demokrat dalam Pemilu 2024, yaitu perubahan dan perbaikan,” kata AHY dalam pidato kebangsaan di JCC Senayan pada Jumat, 16 September 2022.

Saat ini, AHY mengatakan Demokrat tengah intens membangun komunikasi dengan dua partai, yang juga memiliki semangat dan energi perubahan, untuk Indonesia yang lebih baik. Namun, AHY tidak menyebut dua partai yang dimaksud itu.

Klaim 40 Persen Pemilihnya Dukung Prabowo-Gibran, PPP Isyaratkan Siap Pindah Koalisi

Rapimnas Partai Demokrat, AHY

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

“Adapun terkait kriteria Capres dan Cawapres, di samping harus memiliki integritas dan kapasitas, pasangan itu juga harus memiliki elektabilitas, atau dukungan terkuat dari rakyat,” ujarnya.

Tak kalah pentingnya, kata AHY,  pasangan ini harus memiliki chemistry. Memiliki kekuatan hati dan energi, saling percaya, saling menghargai, saling menguatkan dan saling melengkapi. Semangatnya adalah Dwitunggal.

“Besar harapan Demokrat, niat baik dan tanggung jawab konstitusional kami ini tidak diganggu, dan dihalangi oleh kekuatan manapun, dan dengan cara apapun. Kita bisa mencontoh Pilpres dan demokrasi yang indah di era Presiden Megawati dan Presiden SBY dulu. Demokrat siap untuk memperjuangkan kader utamanya, menjadi bagian dari pasangan Capres-Cawapres yang diusung,”  ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya