Anies Baswedan: Biarkan Partai Politik Melakukan Pembentukan Koalisi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Sumber :
  • ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

VIVA Politik – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi pernyataan kesiapannya untuk maju sebagai calon presiden pada pemilu tahun 2024. Anies menyebutkan kewenangan terkait pencalonan seluruhnya ada pada partai politik.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

"Proses demokrasi pemilihan, dan lain-lain, itu kewenangannya bukan di tangan seseorang, tapi ada di tangan partai politik; jadi, biarkan partai politik berproses, biarkan partai politik melakukan pembentukan koalisi," kata Anies kepada wartawan di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Sabtu, 17 September 2022. 

Anies menambahkan, keputusan tersebut ia percayakan kepada para ahli di partai politik. Dia memercayai partai politik yang akan membentuk koalisi dalam menentukan calon presidennya.

Gerindra Siapkan Kader Internal yang Potensial Menang di Pilkada Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA.co.id/Riyan Rizky

"Kita lihat dan kami percaya partai-partai politik ini akan mengedepankan kepentingan bangsa, kepentingan negara di dalam mereka menyusun koalisi dan di dalam mereka nanti menentukan calon-calonnya," ujarnya. 

Anies Baswedan Direstui Maju Pilkada Jakarta, Cak Imin: PKB Belum Membahas

Anies Baswedan menyatakan siap maju sebagai capres 2024 saat diwawancara salah satu media asing di Singapura saat menerima penghargaan dari Lee Kuan Yew Exchange Fellow (LKYEF) ke-72.

Dalam artikel media asing itu ditulis, Anies menjalankan tugasnya sebagai Gubernur DKI selama lima tahun. Jabatan Anies resmi akan berakhir bulan depan.

Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wagub DKI Ahmad Riza Patria

Photo :
  • VIVA/Riyan Rizki

Anies juga disebut muncul dalam jajak pendapat survei sebagai salah satu tokoh teratas yang diperkirakan maju di pemilu presdien 2024. 

"Saya siap mencalonkan diri sebagai presiden jika sebuah partai mencalonkan saya," kata Anies saat di Singapura dikutip pada Jumat, 16 September 2022.

Menurut Anies, meski bukan kader parpol, justru hal itu memungkinkan dirinya untuk berkomunikasi dengan semua faksi. Dia mengomentari namanya yang masuk dalam sejumlah hasil lembaga survei. “Survei yang tidak diminta ini terjadi, bahkan sebelum saya berkampanye. Saya pikir mereka memberi saya lebih banyak kredibilitas," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya