Viral Tabloid Pencitraan Anies Disebar di Masjid Kota Malang

Tabloid yang menulis pencitraan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Sumber :
  • Istimewa/Lucky Aditya

VIVA Politik - Viral di media sosial Twitter terkait menyebarnya tabloid yang berisi sepak terjang dan prestasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Adanya tabloid itu pertama kali diunggah oleh akun bernama @AkuAtikaFaya pada Minggu, 18 September 2022.

Prabowo ke Anies: Saya Pernah di Posisi Anda, Saya Tau Senyuman Anda Itu Berat Sekali

"Kaget dirumah ada tabloid kek gini, isinya cuma tentang @aniesbaswedan. Oalah, taunya suami dapet dari masjid pas Jumat kemarin. Keknya model kampanye lewat masjid di Pilkada DKI kemarin mulai dilakukan. Ini di Malang lo guys, gimana di tempat kalian ada juga kah," tulis akun tersebut dikutip VIVA pada Senin, 19 September 2022.

Pun, setelah ditelusuri, beredarnya tabloid itu terjadi di Masjid Al-Amin di Jalan Pelabuhan Tanjung Perak, Kelurahan Bakalankrajan, Sukun, Kota Malang. Pembagian itu diketahui terjadi pada Jumat, 16 September 2022. Diduga dibagikan saat salat Jumat.

Anies dan Cak Imin Kompak Datang ke KPU: Kita Hormati Proses Bernegara

Saat di lokasi, salah satu warga bernama Suroso membenarkan pembagian tabloid itu. Dia mengaku saat itu turut salat Jumat di Masjid Al-Amin. Namun, tak ada yang membagikan. 

Tabloid berisikan pencitraan Anies Baswedan tersebar di Masjid Kota Malang.

Photo :
  • VIVA.co.id/Lucky Aditya
Anies dan Cak Imin Hadir ke KPU Jelang Penetapan Prabowo-Gibran

Suroso bilang tabloid itu hanya ditaruh di atas kotak masjid. Menurutnya, hampir mayoritas jemaah usai salat mengambil dan membawa pulang tabloid.

"Semua banyak yang mengambil. Itu juga ada yang dibagikan dari depan. Terus ada juga yang ditaruh di atas kotak masjid. Kalau saya habis mengambil langsung saya lipat," ujar Suroso.

Sementara, pemilik akun Twitter @AkunAtikaFaya melalui Direct Message (DM), menjelaskan, hampir seluruh jemaah mendapatkan tabloid tersebut, kecuali anak-anak. Dia mendapat cerita itu dari suaminya yang saat itu salat di masjid tersebut.

Menurut dia, dari pengakuan suaminya bahwa tabloid itu dibagikan ke hampir seluruh jemaah kecuali anak-anak.

"Iya ngambil beberapa eksemplar tabloid dari tempat khotbah, terus dibagikan ke jemaah pulang salat Jumat. Gitu saja. Tidak ada anjuran atau ajakan apa-apa. Khotbah juga biasa gak ada pembasahan itu," tuturnya.

Adapun, dalam cover atau sampul depan tabloid terlihat jelas gambar Anies Baswedan dengan judul "Mengapa Harus Anies?". Lalu, beranjak pada halaman dari redaksi tertulis judul "Antara ARB dan ABW, 'Anies' sajalah".

Kemudian, di halaman utama tertulis sejumlah rekor penghargaan untuk DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Anies. Ada juga deretan prestasi yang diraih Anies mulai 2018 hingga 2022 ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya