Wacana Anies-AHY, Emil Dardak: Ada Dorongan Akar Rumput Demokrat Jatim

Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak
Sumber :
  • VIVA.co.id/Riyan Rizky

VIVA Politik - Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menanggapi wacana duet Gubernur DKI Anies Baswedan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Pilpres 2024.

Cak Imin: Tidak Ada Niat Mas Anies Maju Pilkada

Emil mengakui ada dorongan dari kader Demokrat Jatim di akar rumput yang memang sudah solid mendukung Anies berduet dengan AHY di Pilpres 2024.

"Istilahnya kalau Anies dengan AHY itu kader-kader di Jatim solid. Tapi, ya saya juga nggak bisa bilang dengan yang lain nggak solid. Kan, yang lagi rame disebut itu dianggap salah satu yang juga siap didukung," kata Emil di kantor Badan Penghubung Jawa Timur, Menteng, Jakarta, Kamis 22 September 2022.

Anies Berkunjung ke Rumah Dinas Cak Imin: Tradisi Lebaran Kita Saling Berkumpul

Dia menambahkan, kader-kader Demokrat Jatim juga terlihat mengapresiasi terhadap Anies. Maka itu, saat nama eks Mendikbud itu digadang-gadang jadi pendamping AHY di Pemilu, kader Demokrat Jatim menyambut baik.

“Sangat mengapresiasi dan memang itu salah satu kombinasi yang mendapat sambutan baik dari basisnya Demokrat Jatim,” tuturnya.

Demokrat Munculkan Nama Dede Yusuf untuk Pilkada Jakarta 2024

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA.co.id/Riyan Rizky

Meski demikian, ia menilai tak menutup kemungkinan untuk putra Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu berduet dengan para tokoh lainnya. 

“Tapi, insya Allah Mas AHY akan berkolaborasi dengan tokoh yang juga baik,” tuturnya.

Lebih lanjut, Emil menyebut dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Demokrat yang diselenggarakan 15 September 2022, belum ada yang mengusung Anies untuk mendampingi AHY.

Untuk diketahui, Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta Mujiyono menyatakan kadernya di DKI juga sepakat untuk mengusung Anies Baswedan di Pemilu 2024 untuk mendampingi Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

Mujiyono menyampaikan demikian jika pihaknya diberi hak untuk mengusulkan nama cawapres yang tepat untuk mendampingi AHY sebagai Capres di Pemilu 2024.

"Nanti di Rapimnas belum tahu mekanismenya seperti apa, tapi kalau nanti ada permintaan pendapat kaitannya dengan koalisi, kami tentunya harus menyampaikan itu," ujarnya kepada wartawan di Gedung DPD Partai Demokrat DKI, Jumat 9 September 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya