PDIP Sebut Tuduhan Potensi Curang Pemilu oleh SBY Menyasar Jokowi

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik – Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menilai tuduhan potensi curang di Pemilu 2024 yang dilontarkan oleh Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhyoyono (SBY) itu dianggap menyasar kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Karena pak Presiden Jokowi lah yang menjadi sasaran dari Pak SBY," kata Hasto di Sekolah PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan pada Kamis, 22 September 2022.

Presiden Jokowi menerima Pengurus PP Muhammadiyah di Istana

Presiden Jokowi menerima Pengurus PP Muhammadiyah di Istana

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Hasto menjelaskan oleh karena itu PDIP menilai bahwa ucapan dari SBY harus diluruskan. Sebab Presiden Jokowi kata dia merupakan kader terbaik PDIP yang tak mungkin mencoreng dirinya dengan merancang kecurangan di pesta demokrasi lima tahunan itu.

"Sehingga ketika Pak SBY menyampaikan saya melihat, saya mendengar dan kemudian bertanya dalam forum terpenting itu wakil bukan mencederai rakyat, bukan jahat, bukan itu kan suatu pernyataan yang harus kami respons. Menyenggol Jokowi membuat PDIP memberikan sejumlah temuan hasil penelitian dari luar negeri. PDIP justru heran mengapa raihan suara Demokrat meningkat pada pemilu-pemilu sebelumnya," Kata Hasto.

SBY di Rapimnas Partai Demokrat

SBY di Rapimnas Partai Demokrat

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Diketahui baru-baru ini, SBY menyatakan kesiapannya turun gunung karena adanya tanda-tanda kecurangan pada Pemilu 2024. Menurut SBY, ada upaya untuk mengatur Pilpres hanya diikuti oleh dua pasangan capres-cawapres.

Hal itu kemudian membuat PDIP meradang. Fungsionaris dan kader PDIP memberikan reaksi termasuk mempertanyakan begitu tingginya suara Demokrat pada Pemilu saat SBY masih menjadi Presiden.