Dewan Kopral Tandingan Dewan Kolonel, Ganjar Minta Relawan Tahan Diri

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik – Relawan Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) berencana membentuk Dewan Kopral untuk menandingi Dewan Kolonel yang digagas para kader PDIP termasuk Johan Budi SP untuk mendukung Puan Maharani maju di Pilpres 2024.

Menanggapi hal itu, Gubernur Jawa Tengah yang merupakan kader PDIP Ganjar Pranowo  meminta agar para relawan atau pendukungnya bisa menahan diri.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kata Ganjar juga sudah menegaskan bahwa Dewan Kolonel hanya guyonan politik dari sebagian anggota Fraksi PDIP di DPR RI.

“Saya minta semuanya bisa menahan diri. Tadi Pak Sekjen (Hasto Kristiyanto) sudah menyampaikan itu hanya candaan-candaan, jadi publik tidak perlu merespons,” kata Ganjar di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Kamis, 22 September 2022.

Dalam kesempatan sama, Ganjar juga menegaskan hanya Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang memiliki kewenangan untuk memilih capres yang akan diusung partai berlogo banteng moncong putih tersebut. 

“Toh penentuan soal copras-capres kan PDIP itu urusan ketum. Kedua yang menentukan juga partai kalau sudah ditentukan ya saya kira semua relawan dari pendukung siapapun akan kolaborasi," kata Ganjar. 

Sebelumnya Ketua Relawan GP Mania Immanuel Ebenezer atau Noel menyampaikan pihaknya akan membentuk Dewan Kopral untuk menandingi Dewan Kolonel bentukan sebagian anggota DPR dari Fraksi PDIP. Diketahui Dewan Kolonel tercuat dari para elite PDIP di DPR-RI di antaranya dicetuskan Johan Budi dan Trimedya Panjaitan.