Ganjar Minta Wacana Dewan Kopral Disetop, Noel: Kami Bukan Ancaman

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Universitas Islam Sultan Agung (Unissula)
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik - Kelompok Relawan Ganjar Pranowo (GP) Mania menginstruksikan anggotanya untuk hentikan wacana pembentukan Dewan Kopral agar situasi politik lebih tenang dan kondusif. Sebab, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo langsung yang meminta agar wacana tersebut disetop.

Rumor Ganjar Ditawari jadi Menteri Prabowo, Gibran: Yang Nawari Siapa?

Ketua GP Mania, Immanuel Ebenezer alias Noel mengaku mendapat perintah langsung dari Ganjar agar tak melakukan manuver politik. Kata dia, pembentukan Dewan Kopral ini bukan arahan Ganjar tapi inisiatif dari para relawan.

“Kita ikuti arahan beliau. Meski pembentukan Dewan Kopral inisiatif dari teman-teman karena merasa tertantang oleh gerakan Dewan Kolonel, tidak ada arahan dari beliau. Jadi, kami tunda dulu sampai benar-benar ada keputusan dan arahan berikutnya," kata Noel melalui keterangannya, Jumat, 23 September 2022.

Puan Tegas Bilang Pemenang Pileg 2024 yang Berhak Jadi Ketua DPR

Immanuel Ebenezer.

Photo :
  • VIVAnews/ Syaefullah.

Menurut dia, Dewan Kopral isinya para relawan dari kalangan lintas profesi terutama rakyat marhaen yang menginginkan calon presiden pro rakyat. Kata dia, Noel menyebut Dewan Kopral bukan manuver politik. Apalagi, kata dia, zig zag politik untuk menandingi Dewan Kolonel.

Gerindra Ragu PDIP Bakal Oposisi, Bambang Pacul: Suka-suka Dia

"Kalau kami dianggap sebagai ancaman, kami hadir karena ada gagasan Dewan Kolonel. Ya, kita patuh lah, ikut arahan beliau. Saat ini GP Mania hanya akan fokus untuk konsolidasi," ujarnya.

Pun, Noel menambahkan, GP Mania saat ini masih terus membangun jaringan di 33 provinsi sampai tingkat desa dan kelurahan. Menurut dia, di sebagian wilayah sudah deklarasi dan dituntaskan tahun depan.

“Anggota kami sudah tak sabar untuk bergerak. Tapi, saya sudah arahkan agar menunggu momentum tahun depan. Biar suasana politik tidak mudah panas dan Presiden Jokowi bisa menyelesaikan pemerintahannya dengan baik," tuturnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

Sebelumnya, barisan relawan Ganjar mengkritik pembentukan Dewan Kolonel oleh Anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan (PDIP). Dewan Kolonel dibentuk untuk mendukung Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani jika diusung maju ke Pilpres 2024. 

Merespons elite PDIP, relawan GP akan bikin tandingannya yakni Dewan Kopral.

“Ganjar akan bikin Dewan Kopral. Dewan Kopral lebih banyak dibanding Dewan Kolonel. Kita akan bikin Dewan Kopral kalau PDI Perjuangan bikin Dewan Kolonel,” kata Ketua Ganjar Pranowo Mania (GP Manua), Immanuel Ebenezer atau Noel saat dihubungi VIVA pada Rabu, 21 September 2022.

Menurut dia, Dewan Kopral yang dibentuk Relawan Ganjar ini akan disosialisasikan se-Indonesia. Tentu, Noel tidak gentar dengan Dewan Kolonel bentukan Anggota DPR RI Fraksi PDIP.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya