Puan Klaim PKB-PDIP Partai Sandal Jepit, Dasco: Gerindra Kerakyatan

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA Politik - Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menanggapi pertemuan antara Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani dengan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Dalam pertemuan itu,  Puan menyebut PKB dan PDIP sama-sama partainya wong sendal jepit.

Otto Hasibuan: Kami Minta Megawati Dipanggil di Sidang MK, Mau Enggak?

“Ya, itu kan semua secara simbolik merefleksikan sebagai partai kerakyatan, kan gitu. Ya, Gerindra juga ada kesamaan justru. Kan kami juga partai kerakyatan,” kata Dasco di Gedung DPR pada Senin, 26 September 2022.

Menurut dia, suara Prabowo Subianto sangat kuat di kalangan petani. Hal ini lantaran Prabowo merupakan Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI). Maka itu, kata dia, Gerindra juga khas dengan kerakyatan.

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

“Di Gerindra itu kan elemen-elemen kerakyatannya ada dari petani, HKTI, ada dari nelayan, buruh. Itu juga kita partai kerakyatan. Iya petani dan nelayan, sehingga bagus ajalah. Kan memang kita ini mau mengharapkan dukungan dari rakyat,” ujar Wakil Ketua DPR tersebut.

Ketua DPR Puan Maharani dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Photo :
  • Istimewa
Pimpinan DPR Kompak Tak Mau Revisi UU MD3

Dasco bilang, Gerindra adalah partai yang berbasis kerakyatan bukan elite. Meskipun Prabowo merupakan mantan TNI. “Ya nggaklah. Basis kita itu basis petani dan nelayan,” jelas Wakil Ketua DPR RI ini.

Dengan begitu, Dasco mengatakan Gerindra memiliki kesamaan dengan PDIP dan PKB jika nanti berkoalisi di Pemilu 2024. Namun, kata dia, koalisi itu nanti tergantung dinamika politik. Sebab, Gerindra terbuka dengan partai manapun.

“Iya ada kesamaan (PKB dan PDIP). Kesamaan ini terhantung skenario yang diatur oleh yang di atas. Di atas tuh, Tuhan. Kita ngebuka diri terhadap semua partai apalagi sama PDIP. PKB sudah. PDIP, ya enggak ada masalah,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam pertemuan di Kalibata, Minggu kemarin, Puan dan Cak Imin terlihat akrab. Selain menyempatkan ziarah ke makam Taufik Kiemas di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, kedua politikus itu juga sempat makan pecel di kawasan tersebut.

"Biasanya pertemuan di kantor, di rumah. Ini di tempat pecel, karena PDIP dan PKB sama-sama partainya wong sandal jepit, wong cilik,” kata Puan, Minggu, 25 September 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya