Doakan Puan Presiden, PKB: Cak Imin Contohkan Etika Politik yang Baik

Ketua DPR Puan Maharani dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik – Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB Jazilul Fawaid (Gus Jazil), menjelaskan alasan Ketum Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mendoakan Puan Maharani menjadi Presiden di Pilpres 2024

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Doa Cak Imin, terang Gus Jazil, merupakan bagian dari motivasi terhadap Puan yang dinilainya sosok yang layak menjadi capres. Sebab, Puan telah memenuhi persyaratan sebagai capres, baik dari sisi partai politik maupun jam terbangnya di politik. 

”Doa-doa terbaik disampaikan Gus Muhaimin. Mbak Puan didoakan sebagai presiden, saya pikir Gus Muhaimin mencontohkan etika berpolitik yang baik bahwa politik itu harus saling mendukung, bukan saling menjatuhkan," kata Gus Jazil kepada wartawan, Senin, 26 September 2022. 

Sinyal Anies Maju Pilkada DKI 2024, PKS: Kalau Memang Cocok, Why Not?

Menurut Gus Jazil, Cak Imin juga ingin memberikan motivasi kepada Puan Maharani yang juga memiliki kompetensi untuk menjadi Presiden RI. 

"Doa Pak Muhaimin bukan doa yang di awang-awang. Jadi Mbak Puan memenuhi syarat untuk menjadi capres. Partainya cukup dan Mbak Puan juga punya pengalaman panjang di politik,” jelasnya.

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep

Doa jadi Presiden Juga ke Prabowo Subianto

Ketum Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan Ketum PKB Cak Imin.

Photo :
  • Twitter @cakimiNOW

Menurut Gus Jazil, tidak hanya kepada Puan, doa terbaik juga disampaikan Cak Imin kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, yang juga didoakan menjadi Presiden RI.

”Kemarin saat bertemu dengan para santri di Ponpes Tegalrejo, Magelang, Gus Muhaimin juga mendoakan Pak Prabowo sebagai Presiden. Inilah etika politik apalagi PDIP dan Gerindra kursinya lebih besar dari PKB," ujarnya.

Wapres Sebagai Kompromi Politik

Ketua DPR Puan Maharani dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Photo :
  • Istimewa

Mengenai pernyataan Cak Imin bahwa dirinya siap menjadi calon wakil presiden, hal itu dimaksudkan untuk memberikan pendidikan politik ke publik bahwa di dalam politik itu ada yang disebut dengan kompromi politik.

"Politik itu ada kompromi-kompromi, ada basis-basis rasional yang juga dipertimbangkan, meskipun sampai hari ini PKB tetap memberikan mandat kepada Gus Muhaimin untuk menjadi capres sesuai keputusan Muktamar Bali," ujarnya.

Karena itu, kata Gus Jazil, PKB terus secara aktif mensosialisasikan dan mengupayakan agar Cak Imin bisa menjadi capres. Terkait peluang untuk berkoalisi dengan PDIP setelah Cak Imin dan Puan Maharani ziarah bareng ke Makam Taufiq Kiemas dilanjutkan dengan makan pecel pincuk bersama, Gus Jazil mengatakan bahwa pertemuan tersebut merupakan tahap awal.

Karena sebagai tahap awal, maka tentu belum menghasilkan keputusan politik apapun. Namun, dari pertemuan tersebut sangat memungkinkan untuk dilakukan pertemuan atau tahap-tahap komunikasi lanjutan.

"Pertemuan Gus Muhaimin dengan Mbak Puan menurut saya inilah justru kedewasaan berpolitik dari Gus Muhaimin dan PKB. Kami tidak pernah menutup komunikasi dengan partai apapun, apalagi dengan PDIP yang selama ini kawan lama dan punya hubungan historis panjang," ujarnya.

Hingga saat ini, lanjut Gus Jazil, kerja sama politik yang sudah resmi dilakukan PKB yakni bersama Partai Gerindra. Kedua partai juga sepakat untuk memperluas koalisi dengan partai politik lain.

"Sebelumnya Pak Prabowo juga naik kuda bareng Mbak Puan, kemudian kemarin Gus Muhaimin makan pecel bareng Mbak Puan. Jadi komunikasi PKB dengan PDIP atas sepengetahuan Partai Gerindra dan memang itu kesepakatan kami untuk menambah rekan koalisi," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya