Contoh Etika Politik, Cak Imin Doakan Puan dan Prabowo Jadi Presiden

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dengan ketua DPR Puan Maharani.
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dengan ketua DPR Puan Maharani.
Sumber :
  • Twitter Puan Maharani @puanmaharani_ri

VIVA Politik – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendoakan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani untuk menjadi presiden pada 2024, meskipun partai itu telah mendeklarasikan sang Ketua Umum Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai bakal calon presiden.

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan, doa yang dipanjatkan Cak Imin kepada Puan merupakan bagian dari motivasi agar putri Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri itu memenuhi syarat sebagai calon presiden.

”Doa-doa terbaik disampaikan Gus Muhaimin. Mbak Puan didoakan sebagai presiden, saya pikir Gus Muhaimin mencontohkan etika berpolitik yang baik, bahwa politik itu harus saling mendukung, bukan saling menjatuhkan," kata Jazilul di gedung DPR, Jakarta, Selasa, 27 September 2022.

Ketua DPR Puan Maharani dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Ketua DPR Puan Maharani dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Photo :
  • Istimewa

Bukan cuma Puan, kata dia, Cak Imin juga mendoakan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang diusung sebagai bakal calon presiden. Memang, PKB sudah berkoalisi dengan Partai Gerindra untuk pemilu 2024.

"Kemarin, saat bertemu dengan para santri di Ponpes Tegalrejo, Magelang, Gus Muhaimin juga mendoakan Pak Prabowo sebagai presiden. Inilah etika politik, apalagi PDIP dan Gerindra kursinya lebih besar dari PKB," ujar Wakil Ketua MPR RI itu.

Gerindra dan PKB resmi berkoalisi dalam menyongsong pemilu serentak 2024. Memoratorium of Understanding (MoU) itu langsung ditandatangani oleh Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar seusai Rapimnas Gerindra di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 13 Agustus 2022.