Contoh Etika Politik, Cak Imin Doakan Puan dan Prabowo Jadi Presiden

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dengan ketua DPR Puan Maharani.
Sumber :
  • Twitter Puan Maharani @puanmaharani_ri

VIVA Politik – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendoakan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani untuk menjadi presiden pada 2024, meskipun partai itu telah mendeklarasikan sang Ketua Umum Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai bakal calon presiden.

PKS Terbuka untuk Bertemu Prabowo tapi Bukan untuk Menyusul PKB

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan, doa yang dipanjatkan Cak Imin kepada Puan merupakan bagian dari motivasi agar putri Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri itu memenuhi syarat sebagai calon presiden.

”Doa-doa terbaik disampaikan Gus Muhaimin. Mbak Puan didoakan sebagai presiden, saya pikir Gus Muhaimin mencontohkan etika berpolitik yang baik, bahwa politik itu harus saling mendukung, bukan saling menjatuhkan," kata Jazilul di gedung DPR, Jakarta, Selasa, 27 September 2022.

Kehadiran Anies dan Muhaimin di KPU Tunjukkan Kedewasaan Politik meski Pahit, Menurut Pengamat

Ketua DPR Puan Maharani dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Photo :
  • Istimewa

Bukan cuma Puan, kata dia, Cak Imin juga mendoakan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang diusung sebagai bakal calon presiden. Memang, PKB sudah berkoalisi dengan Partai Gerindra untuk pemilu 2024.

Verrell Bramasta Berharap Prabowo-Gibran Lebih Fokus Pada Kemajuan Anak Muda

"Kemarin, saat bertemu dengan para santri di Ponpes Tegalrejo, Magelang, Gus Muhaimin juga mendoakan Pak Prabowo sebagai presiden. Inilah etika politik, apalagi PDIP dan Gerindra kursinya lebih besar dari PKB," ujar Wakil Ketua MPR RI itu.

Gerindra dan PKB resmi berkoalisi dalam menyongsong pemilu serentak 2024. Memoratorium of Understanding (MoU) itu langsung ditandatangani oleh Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar seusai Rapimnas Gerindra di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di KPU.

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Dalam piagam kerja sama politik kedua partai tersebut juga menyebutkan mengenai calon presiden dan calon wakil presiden yang bakal diusung koalisi Gerindra-PKB.

Kemudian, Cak Imin juga melakukan komunikasi politik dengan Puan, yakni ziarah ke makam mendiang mantan ketua MPR RI Taufiq Kiemas di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, pada 25 September.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya