PKS Timbang Anies Capres Sekalian Tawarkan 5 Figur Cawapres

Ilustrasi pendukung PKS di Pemilu 2019 beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA Politik – Juru bicara PKS Muhammad Kholid mengatakan bahwa partainya akan menawarkan kader-kader terbaik untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) kepada Partai Nasdem dan Partai Demokrat untuk Pilpres 2024.

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

PKS mengajukan lima kadernya, antara lain Ahmad Heryawan, mantan gubernur Jawa Barat; Irwan Prayitno, mantan gubernur Sumatera Barat; Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua MPR; Ahmad Syaikhu, Presiden PKS; dan Mohamad Sohibul Iman, Wakil Ketua Majelis Syuro.

Kendati begitu, dia tak akan memaksakan para kadernya untuk menjadi cawapres. Sebab PKS juga akan menghormati aspirasi Demokrat dan Nasdem.

Kubu Anies Tuding Pencalonan Gibran Tidak Sah, KPU: Mengada-ngada

Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat Rapimnas di JCC, Senayan.

Photo :
  • YouTube Partai Demokrat

"Tentu kami juga sangat menghormati aspirasi dari Demokrat yang ajukan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) atau Nasdem, yang kabarnya akan ajukan Panglima TNI Andika Perkasa atau Khofifah Gubernur Jawa Timur," kata Kholid, Selasa, 27 September 2022.

Tolak Pengesahan UU DKJ, PKS Bilang Gedung DPR Belum Dibangun di IKN

Sementara untuk capres, Kholid meyakini, PKS Nasdem dan Demokrat akan setuju mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. "Kalau dari sisi capres, sosok Gubernur DKI Anies Baswedan muncul menjadi salah satu yang terkuat dalam pembahasan kami meskipun tidak menutup pada pilihan yang lain."

Anies Baswedan Diperiksa KPK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Bagi PKS, meskipun Anies bukan kader, Anies memiliki sejarah kebersamaan dengan PKS saat pilkada DKI dan memimpin DKI. Kader-kader PKS juga bisa menerima sosok Anies," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya