Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo Janjikan UMKM Naik Kelas

Hary Tanoesoedibjo dan Mendag Zulkifli Hasan
Sumber :
  • Perindo

VIVA Politik – Hary Tanoesoedibjo dikukuhkan sebagai Ketua Dewan Pakar Asosiasi Pengusaha Mi dan Bakso atau Apmiso. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, yang langsung mengukuhkan Ketua Umum Partai Perindo tersebut.

Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

Hary Tanoe yang juga Executive Chairman MNC Group mengaku siap membantu pelaku UMKM, termasuk Asosiasi Pengusaha Mi dan Bakso (Apmiso) Nusantara agar naik kelas.

Dia juga menyampaikan terima kasih telah dipercaya sebagai Ketua Dewan Pakar Apmiso Nusantara.

BSI Ungkap Tantangan Pengembangan Perbankan Syariah

"Pertama, saya terima kasih dipercaya. Yang kedua, tentunya satu tugas yang saya harus emban bagaimana membantu Apmiso supaya maju," kata HT, dalam keterangannya, Selasa 27 September 2022.

Dipaparkan oleh HT, Indonesia pernah mengalami krisis tahun 1998. Tetapi UMKM lah yang menjadi kunci kebangkitan hingga ekonomi rakyat bisa bertahan ketika itu.

Klaster Usaha Rumput Laut, UMKM Binaan BRI yang Dorong Perekonomian Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan

Hingga saat ini, UMKM tersebar di seluruh Nusantara sebanyak 60 juta. Sementara itu, yang terdata di Kementerian Koperasi dan UMKM baru mencapai sekira 30 juta.

"Untuk itu perlu dilakukan pendataan menyeluruh agar bisa menyalurkan beragam bantuan," kata HT.

Komitmennya terhadap UMKM agar naik kelas itu, kata HT, dengan memanfaatkan jaringan MNC Group yang dia pimpin. Bagi yang kesulitan permodalan yakni dengan bantuan kredit MNC Bank. Juga menurutnya, perlu ada edukasi terhadap pelaku UMKM seperti mi dan bakso ini, bagaimaan agar pengolahan bakso yang enak, higienis, dan halal.

HT menyebut, dari sisi publikasi dia akan terus mendorong dan membantu melalui jaringan televisi, portal online, radio hingga sosial media dalam membangun Apmiso Nusantara ini.

"Intinya, bagaimana Apmiso bisa lebih baik lagi, sehingga anggota-anggota itu kehidupannya lebih bagus secara kesejahteraan," katanya.

Mendag Zulkifli Hasan mengatakan, setuju bahwa UMKM seperti pedagang mi dan bakso ini, butuh perhatian lebih. Apmiso Nusantara harus diberi dukungan, terutama soal harga bahan pokoknya.

"Mi dan bakso ini usaha UMKM yang merata ada di seluruh Indonesia. Jadi harus mendapat perhatian," kata Zulhas.

Lebih lanjut, konsentrasi kementeriannya adalah bagaimaan bahan pokok yang diperlukan UMKM seperti ini, bisa terjangkau. "Itulah konsen saya sebagai menteri diperintah Pak Jokowi agar harga bahan pokok terjangkau," tutur Zulhas.

Ketum Apmiso Nusantara Lasiman, menjelaskan kenapa akhirnya meminta Hary Tanoe sebagai Dewan Pakar Apmiso Nusantara. Karena menurutnya, sangat peduli dengan nasib UMKM di Indonesia.

"Semua orang kan tahu bahwa beliau peduli terhadap UMKM dan saya bangga masih ada seseorang yang peduli terhadap UMKM," ujar Lasiman.

Diceritakannya, bermula dari sowan menemui Ketua Umum DPP Partai Perindo tersebut untuk meminta agar bersedia menjadi Dewan Pakar Apmiso Nusantara. 
"Apabila ada yang peduli pasti kita senang dan kalau banyak orang seperti Bapak Hary ini akan bisa sejahtera pedagang ini, karena dipedulikan," ujar Lasiman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya